Daftar 10+ SEO Tools Terbaik, Langkah Mudah Optimasi Website

SEO tools, cek SEO, SEO analyzer, keyword explorer,

Ingin agar optimasi website yang dilakukan memiliki performa yang maksimal, maka kamu perlu cek SEO dan kinerjanya. Ada banyak SEO tools yang bisa digunakan, dari keyword explorer, Google suggest, SEO analyzer dan lain sebagainya.

ProRankTracker

ProRankTracker memudahkanmu sebagai SEO Expert, SEO agensi, maupun SEO Specialist untuk memonitor perkembangan situs kamu maupun klien.

Dengan SEO tools yang tepat, kamu akan lebih mudah mengambil langkah atau menerapkan teknik SEO yang sesuai. Misalnya saja, memantau performa trafik halaman web, link building, kualitas backlink, dan banyak lagi.

Penasaran tools apa saja yang bakal bikin optimasi SEO website makin powerfull hingga bisa menaikan peringkat di SERP? Yuk, simak ulasan berikut ini lebih lanjut.

10+ SEO Tools Terbaik yang Wajib Dicoba Semua SEO Specialist

Sama halnya seperti kalkulator, dengan SEO tools kamu akan lebih mudah dalam mengkalkulasi strategi SEO, termasuk apa yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan.

Perlu diketahui bahwa strategi SEO bukan hanya dari satu sisi saja. Kamu perlu melakukan optimasi dari segi kualitas konten atau SEO on page, dan dari segi link building atau SEO off page.

Oleh sebab itu, SEO tools yang akan digunakan nantinya setidaknya harus mendukung kedua strategi SEO tersebut. Selain itu, tools tersebut juga perlu memiliki kriteria pendukung lainnya, yaitu.

  • Memiliki tampilan dan navigasi yang user-friendly.
  • Langkah analisis datanya lengkap.
  • Bebas digunakan tanpa perlu biaya tambahan alias gratis.
  • Di fitur premiumnya, terdapat penawaran free trial alias uji coba gratis.

Buat kamu yang ingin mengoptimasi SEO, berikut ini rekomendasi SEO tools terbaik yang bisa dicoba.

1. Schema Markup Generator

Mungkin banyak dari kamu yang sudah tahu bahwa Schema Markup dapat membantu konten atau website kamu untuk memiliki performa lebih baik (dan estetis) dibandingkan kompetitor di hasil pencarian Google (Google SERP).

SEO tool persembahan SEO Expert ini bisa membantumu membuat markup code dalam bentuk JSON-LD untuk berbagai kategori, mulai dari Article, Recipe, Job Posting, FAQ, Company Profile dan Logo, hingga schema markup untuk How-to tutorial, yang sangat cocok bagi kamu yang rutin membuat artikel tutorial di website kamu.

Schema Markup Generator tool merupakan salah satu SEO tool yang harus digunakan oleh setiap praktisi SEO untuk mendapatkan performa klik dan ranking yang lebih baik di Google SERP.

Coba Sekarang


2. Video Schema Markup Generator

Satu lagi tool SEO yang harus kamu coba yang juga merupakan buatan tim SEO Expert adalah Video Schema Markup Generator.

Sama seperti tool sebelumnya, menggunakan JSON-LD atau Microdata untuk Video Schema Markup juga bisa mendorong peringkat kontenmu yang menyertakan video di dalamnya di Google SERP.

Cukup paste link video Youtube ke dalam input yang disediakan, kode JSON-LD atau pun Microdata yang dihasilkan bisa kamu tempatkan di konten kamu yang terdapat video di dalamnya.

Coba Sekarang


Mau tahu soal tren terkini atau apa yang sedang digandrungi banyak orang saat ini dan ingin tahu seberapa populer keyword incaran?

Kamu bisa gunakan SEO tools gratis dan populer dari Google yang satu ini. Dengan Google Trends, kamu bisa menggunakannya untuk,

  • Menemukan keyword yang saat ini sedang populer atau tren.
  • Menambahkan referensi kata kunci baru alias sebagai keyword explorer.
  • Melakukan perbandingan performa keyword tertentu secara historis.
  • Mengetahui lokasi potensial untuk keyword tertentu.

Bahkan, tools yang satu ini bukan hanya menyajikan hasil pencarian berbasis web saja. Tetapi juga hasil yang berasal dari Google News, Google Images, Google Shopping, hingga YouTube.

Informasi yang diperoleh dari tools ini jika diolah dengan baik bisa membantu mengatur strategi dalam pembuatan konten, baik sesuai tren maupun kebutuhan pengguna.

4. Yoast SEO

Bagi pengguna WordPress, SEO tools satu ini merupakan plugin SEO terbaik dan terpopuler. 

Jika tool lainnya harus diakses melalui web app yang lain, Yoast SEO bisa digunakan untuk cek SEO langsung di platform WordPress tersebut.

Ini karena alat ini memang diinstal bersamaan dengan WordPress, sehingga mampu mengidentifikasi apakah optimasi SEO konten sudah diterapkan dengan benar atau belum.

Tool keren yang satu ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur SEO yang canggih, mulai dari focus keyword, meta tag title, meta deskripsi, slug, readability, dan lain sebagainya. 

Dengan semua fiturnya tadi, kamu bisa memastikan apakah konten yang dibuat sudah sesuai dengan kaidah SEO atau belum secara real time.

Bahkan, memberikan dukungan dari segi technical. Misalnya, merekomendasikan interlink yang sesuai untuk konten artikel tersebut, canonical link secara otomatis, notifikasi jika ada error page, hingga membantu merapikan konten agar lebih terstruktur.

5. Google Suggest

SEO tools selanjutnya ini saat ini lebih populer dengan sebutan Google Autocomplete dan merupakan tools besutan Google yang dirilis sekitar tahun 2007 yang lalu.

Fungsi utamanya untuk membantu menemukan frasa yang paling sesuai dengan kata kunci. 

Ketika kamu mengetikkan query di kolom pencarian, Google Suggest akan menampilkan saran kata kunci yang sesuai kueri dengan lebih detail dan panjang.

Misalkan, kamu mengetikkan “toko sepatu”, di bawah kolom pencarian akan muncul saran pencarian sampai 10 baris sesuai query yang kamu ketik tadi.

Nah, tools ini akan membantu memudahkan untuk menemukan kata kunci utama dan turunannya yang relevan. 

Ditambah lagi, SEO tools yang satu ini bisa digunakan secara gratis hampir tanpa keluar uang sepeserpun dengan hasil yang cukup akurat.

Agar hasil kata kunci yang dicari lebih banyak, cukup ketikkan dua kata dasar di kolom pencarian. Lalu biarkan algoritma Google Suggest bekerja membantu menemukan kata kunci yang relevan buat kamu. 

6. Ubersuggest

Tool besutan neilpatel.com ini merupakan SEO tools yang serbaguna. Pasalnya, dengan Ubersuggest kamu bisa melakukan optimasi SEO luar dalam.

Artinya, strategi SEO On Page maupun Off Page bisa dilakukan dengan mudah melalui alat ini. Mulai dari aktivitas SEO analyzer, keyword explorer, hingga memantau tingkat kompetisi di keyword tertentu dan banyak lagi. 

Ini karena terdapat fitur-fitur unggulan yang bakal memudahkan untuk riset keyword secara detail. Dari mulai riset ide keyword, konten, maupun memberikan list keyword.

Kamu juga bisa memantau laporan data terkait kata kunci tertentu secara umum, misalnya riwayat volume pencarian. Atau memantau rincian trafik, baik berdasarkan halaman populer maupun keyword.

Bahkan, dengan alat cek SEO ini kamu bisa mengidentifikasi kekurangan di sebuah website, misalnya kecepatan website, error maupun saran perbaikan.

Tertarik mencoba SEO tools besutan neilpatel.com ini? Jika iya, kamu bisa mencobanya secara gratis selama 7 hari masa percobaan. Jika ternyata alat cek SEO ini sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, maka bisa lanjut berlangganan mulai dari USD 12 per bulan.

7. Google Keyword Planner

SEO tools yang selanjutnya ini masih besutan Google dan dikenal sebagai salah satu keyword explorer yang cukup efektif membantu optimasi strategi SEO On Page. 

Dengan tools ini, bukan hanya kualitas konten saja yang meningkat tetapi juga trafik website atau blog. 

Kamu bisa menemukan banyak keyword baru yang relevan dan lebih mudah untuk meriset kata kunci yang akan digunakan di konten blog atau website.

Termasuk melihat tingkat kompetisi di masing-masing kata kunci yang diriset. Semua hal itu dapat dilakukan dengan dua fitur utamanya, yakni Get Search Volume and Forecast dan Discover New Keyword. 

Karena termasuk dalam Google Ads, sehingga memungkinkan untuk digunakan meriset kata kunci untuk kebutuhan iklan atau ads. 

8. SEMrush

Selanjutnya ada SEMrush yang juga patut masuk jajaran SEO analyzer tools terbaik saat ini. Karena mampu menjawab kebutuhan strategi online marketing dengan lebih luas. 

Dengan SEMrush, kamu bukan hanya bisa menggunakannya sebagai keyword explorer saja tapi banyak upaya optimasi SEO lainnya, baik dari segi on page maupun off page sekaligus. 

Ini karena dukungan sejumlah fitur berikut, diantaranya.

  • Competitive research, untuk meringkas performa domain, termasuk analisis trafik, hingga membandingkan keyword dengan kompetitor.
  • Link Building, SEO analyzer, audit, serta membangun backlink.
  • Keyword Research, merangkum kata kunci yang relevan, menyarankan trafik organik untuk website, dan sebagainya.
  • Teknik On Page SEO, cek SEO on page dan performanya.

SEO analyzer ini menyajikan data analisis dengan informasi cukup rapi, singkat dan lengkap dalam tabel yang ringkas. 

Ditambah lagi, SEO tools ini dilengkapi dengan navigasi yang terstruktur dan sangat intuitif. Jadi, cocok digunakan oleh pemula maupun yang sudah mahir alias advance.

Tersedia dalam versi gratis yang cukup memberikan informasi seputar SEO yang dibutuhkan. Namun, jika ingin mendapatkan informasi yang jauh lebih spesifik maka perlu berlangganan.

Sebelum mulai beralih ke akun berbayar, kamu bisa mencobanya dengan free trial alias percobaan gratis selama 30 hari.

Jika dirasa SEO tools ini membantu meningkatkan optimasi SEO lebih maksimal, langganan berbayar bisa jadi solusinya. 

9. Google Search Console

Kamu bisa menggunakan SEO tools gratis dari Google ini untuk membantu memantau performa website atau blog dalam ranah organik. 

Keakuratan data dari Google Search Console hampir tak perlu diragukan. Alasannya, karena hasil cek SEO yang ditampilkan tentunya berasal dari Google.

Dengan tool ini, kamu bisa melakukan beberapa teknik SEO analyzer, diantaranya seperti.

  • Mengetahui rujukan domain,
  • Memantau kinerja website ketika dalam versi mobile dan kompatibilitasnya dengan perangkat tersebut,
  • Menganalisis trafik website,
  • Sebagai keyword explorer untuk menemukan ide baru,
  • Mencari tahu halaman terpopuler dari seluruh halaman yang ada di sebuah website,
  • Memeriksa backlink yang masuk ke website,
  • Cek broken link,
  • Memantau masalah keamanan dari dalam website,

Ketika cek SEO website dengan tool ini, kamu akan mendapatkan informasi yang berupa statistik. Mulai dari berisi impression, perkembangan nilai total klik, CTR rata-rata, bahkan posisi rata-rata website.

10. Google PageSpeed Insight

Kecepatan website menjadi salah satu indikator optimasi SEO yang dilakukan berhasil. Tingkat kecepatan akses ini sangat penting perannya dalam membantu meningkatkan performa website di mesin pencari. 

Dengan SEO analyzer seperti Google Pagespeed Insight ini, kamu bisa mengetahui tingkat kecepatan website, baik di perangkat berbeda. Seperti mobile, tablet, laptop dan komputer.

Selain memberikan informasi tentang tingkat kecepatan akses website, tool ini juga akan memberikan masukan perbaikan agar website kamu memiliki kecepatan yang lebih optimal.

11. Google Analytics

Diakui atau tidak, Google telah menjadi salah satu mesin pencari paling sering digunakan di seluruh dunia. Sehingga berada di posisi teratas mesin pencari Google itu sangatlah penting. 

Oleh karena itu, Google Analytics sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai SEO tools.

Ini karena Google Analytic dilengkapi dengan kemampuan mumpuni dalam memantau performa sebuah website. 

Bahkan tool dengan user lebih dari 28 juta pengguna ini mampu menyajikan data analisis secara lengkap, seperti.

  • Demografi pengunjung, berisi tentang informasi user aktif, bounce rate, total pengguna baru, jumlah tayangan, dan lain sebagainya
  • Perilaku pengunjung secara detail, dari frekuensi kunjungan, engagement, peluang konversi, dan banyak lagi.
  • Jumlah trafik, dari tren trafik, sumber trafik, referral link website dan lainnya.
  • Kecepatan website, berisi urutan halaman web populer dan waktu loadingnya, dilengkapi dengan masukan untuk meningkatkan kecepatan loading halaman tersebut.

Dengan semua data-data dari SEO analyzer tool ini, kamu bisa tahu langkah apa yang perlu dilakukan untuk mengoptimasi website.

Demikian rekomendasi SEO tools yang bisa kamu gunakan untuk cek SEO dan meningkatkan performa website. Dari mulai Google Suggest, Google Trends, Yoast SEO, hingga Google Analytics. 

Jadi, manakah SEO analyzer tool pilihan kamu? Jika masih merasa ragu, kamu bisa mulai mempelajari cara menggunakannya terlebih dulu dan mencoba tool gratisan. 

Setelah dirasa perlu dan membutuhkan fitur yang lebih premium, maka bisa beralih ke SEO tools berbayar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

CategoriesSEO