Mengenal Meta Tag, Jenis dan Fungsinya dalam SEO

Meta tag, Meta tag HTML, meta description adalah, apa yang dimaksud kata kunci,

Dalam membuat konten berbasis SEO, meta tag dan apa yang dimaksud dengan kata kunci menjadi hal yang tak boleh dilewatkan.

SEMRush

SEMRush adalah SEO tools terbaik bagi semua penggiat digital marketing, dari pemula hingga expert.

Di dalamnya terdapat beberapa istilah dengan fungsi yang berbeda, dan meta description adalah salah satunya.

Untuk tahu apa itu meta tag HTML, kamu perlu memahami jenis-jenis dan kegunaannya, termasuk bagaimana menerapkannya.

Supaya teknik SEO yang dilakukan dalam optimasi website menjadi lebih tepat sasaran. Lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya.

Apa Itu Meta Tag

Ini merupakan cuplikan kode yang memberi informasi penting pada mesin pencari mengenai website milikmu. Seperti bagaimana halaman web harus ditampilkan di hasil pencarian, termasuk menampilkannya pada pengguna.

Perlu diketahui bahwa setiap halaman web memiliki meta tag HTML tersendiri yang hanya terlihat dalam kode HTML saja dan mendefinisikan metadata dokumen berbasis HTML. 

Dimana metadata merupakan data atau informasi atau data yang tidak akan ditampilkan di halaman web, tapi akan diurai oleh mesin pencari. 

Metadata digunakan umumnya digunakan browser atau mesin pencari untuk memudahkannya menampilkan konten sesuai kata kunci maupun memuat ulang halaman. 

Jenis-jenis Meta Tag

Ada beberapa jenis meta tag yang cukup penting kegunaannya dan berperan dalam optimasi SEO on page. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Meta Title

Tag yang pertama dan paling penting dalam SEO adalah meta title. Ini merupakan judul halaman web yang ditampilkan di halaman hasil pencarian di Google. 

Poin ini menjadi sangat penting karena mampu memberi pengguna informasi cepat tentang konten dan seberapa relevan dengan kata kunci yang mereka cari. Sehingga, membuat mereka tertarik dan mau mengunjungi halaman web tersebut. 

Itulah mengapa, pastikan untuk membuat meta title yang singkat, tepat, padat dan deskriptif sesuai isi konten agar peluang klik-nya lebih besar. Hindari, meta judul yang terlalu panjang dan umum, serta jangan lupa tambahkan apa yang dimaksud kata kunci atau keyword.

Meta Description

Meta description adalah rangkuman dari isi konten yang diterbitkan di halaman web dan sering digunakan sebagai cuplikan yang ditampilkan di halaman hasil pencarian.

Umumnya meta description adalah cuplikan konten yang harus dibuat secara informatif dan menarik sesuai isi konten agar pengguna tertarik mengklik dan membacanya. Di dalamnya harus berisi apa yang dimaksud kata kunci, dan uraian singkat tentang isi konten.

Berapa jumlah maksimum untuk meta description di SEO? Biasanya dibatasi antara 120 – 160 karakter saja, sehingga agar lebih efektif kamu harus membuatnya secara unik, jelas, padat dan tidak melebihi batas maksimalnya.

Meta description adalah seperti halnya sebuah langkah promosi. Dimana kegunaannya ditujukan untuk meyakinkan pengguna bahwa halaman web tersebut cocok dengan apa yang mereka cari atau butuhkan.

Meta Robot 

Meta Robot berguna untuk memberitahu mesin pencari bagaimana website harus dirayapi (crawling). Dengan begitu, website akan jadi lebih mudah terindeks oleh Google.

Baca: Apa Itu Indexing? Begini Cara Agar Blog Muncul di Google

Menggunakan atribut yang tidak tepat di tag meta robot bisa berdampak buruk terkait keberadaan situs kamu di hasil penelusuran. Teknik SEO yang dilakukan bisa dibilang sangat bergantung pada bagaimana kamu memahami jenis tag ini dan menggunakannya secara efektif.

Berikut ini beberapa elemen dalam meta robot yang perlu diperhatikan, antara lain.

  • Index, memberitahu bot untuk mengindeks halaman;
  • Noindex, memberitahu bot untuk tidak mengindeks halaman;
  • Follow, memberi tahu bot untuk merayapi link di halaman web, dan juga ada jaminannya;
  • Nofollow, memberi tahu bot untuk tidak merayapi link di halaman web tersebut, dan tidak ada dukungan tersirat.

Langkah tepat mengimplementasikan meta tag robot adalah dengan menggunakannya jika memang ingin membatasi mesin pencari merayapi halaman web tersebut. Karena, salah-salah website kamu bisa tidak terindeks oleh mesin pencari, sehingga hampir tidak mungkin bisa muncul di Google.

Meta Viewport

Jenis meta ini bertugas untuk menetapkan area halaman web yang muncul dan terlihat oleh pengguna. Dengan mengatur meta viewport, ini akan memberitahu browser bagaimana harus merender halaman web di perangkat berbeda, seperti komputer, laptop, tablet maupun mobile.

Mulai tahun 2015 lalu, Google telah memberikan peringkat lebih tinggi untuk website yang mobile friendly di hasil pencariannya. Inilah salah satu alasan mengapa meta viewport ini penting. Karena mampu menunjukkan pada mesin pencari bahwa halaman website tersebut mobile friendly. 

Hanya saja, menambahkan meta viewport tidak akan memperbaiki masalah tampilan seluler secara mendasar. Kamu perlu melakukan upgrade halaman web agar membuatnya lebih mobile friendly. 

Meta Charset 

Jenis meta tag ini bekerja dengan menetapkan pengkodean karakter di halaman web. Bisa dikatakan, meta Charset memberikan perintah pada mesin pencari bagaimana seharusnya teks ditampilkan. 

Dari ratusan karakter yang ada, hanya ada dua yang paling umum digunakan. Yakni UTF-8,  kode karakter untuk Unicode dan ISO-8859-1, kode karakter untuk alfabet Latin.

Salah pilih pengkodean bisa menyebabkan beberapa karakter tidak ditampilkan dengan benar di halaman web. Selain itu, bisa menyebabkan penurunan trafik hingga membuat mesin pencari tidak memahami konten tersebut.

Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan meta charset di setiap halaman web dan jika memungkinkan gunakan pengkodean UTF-8. Agar tampilan halaman web lebih nyaman saat dikunjungi pengguna.

Demikian tadi informasi menarik tentang meta tag HTML dan beberapa jenisnya dimana perannya ada di dalam website untuk membantu mengoptimasi SEO website. Setelah mengetahui dan memahami beberapa istilahnya, kini akan lebih mudah dalam menerapkannya.

Termasuk mengetahui berapa jumlah karakter maksimum untuk meta description di SEO, sehingga langkah optimasi website yang dilakukan jadi semakin mulus. Semoga bermanfaat.

CategoriesSEO