Mengenal Apa Itu SEO, Langkah Jitu Optimasi Website

Apa itu SEO? Pertanyaan ini cukup sering dilontarkan mereka yang ingin mengoptimasi website atau blog miliknya

Udemy

Udemy menyediakan pilihan kursus SEO paling lengkap di semua bidang, dari SEO On-Page, Off-Page, Technical, Mobile SEO, dan masih banyak lagi.

SEO adalah singkatan dari search engine optimization. Suatu langkah yang cukup penting dalam mempromosikan suatu website.

Tujuannya tak lain agar situs web tersebut berada di posisi top ranking di halaman pencarian Google.  

Memangnya apa itu SEO dan seberapa pentingkah perannya dalam optimasi sebuah website? Buat kamu yang baru mulai menjalankan website atau blog untuk bisnis, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengenal Apa Itu SEO 

Source: storyset on freepik

Secara sederhana, SEO adalah singkatan dari search engine optimization.

Ini bisa diartikan sebagai suatu teknik untuk mendongkrak visibilitas suatu blog atau website di halaman pencarian. 

Akan tetapi teknik ini secara khusus difokuskan pada organic search atau pencarian organik. Dimana ini merupakan aktivitas pencarian informasi di internet dengan menggunakan keyword atau kata kunci tertentu.

Ketika keyword yang berkaitan dengan website kamu dicari di internet, mesin pencari akan merekomendasikan website tersebut kepada mereka.

Dengan kata lain, semakin baik visibilitas sebuah situs web di halaman pencarian, maka akan membuat sebuah situs jadi lebih gampang ditemukan. Bahkan mampu menarik perhatian pengguna di internet.

Baca Juga: Cara Mudah Belajar SEO untuk Pemula

Bisa disimpulkan bahwa search engine optimization adalah cara untuk meningkatkan peluang lebih banyak traffic ke situs tersebut.

Bukan hanya sampai disitu saja, SEO bahkan juga mampu meningkatkan jangkauan audiens dengan lebih tepat sasaran. Mulai dari meningkatkan branding, transaksi, dan sebagainya.

Tipe-tipe Traffic

Traffic bisa diartikan sebagai lalu lintas dalam sebuah website. Dari mulai jumlah view, halaman apa saja yang dikunjungi hingga durasi kunjungan yang dilakukan pengguna internet di website tersebut.

Setidaknya terdapat tiga jenis trafik yang perlu dipahami, berikut diantaranya.

Traffic Quality

Jenis yang pertama adalah traffic yang dilihat dari kualitasnya. Ini merupakan hasil dari sajian konten berkualitas dan pengalaman pengguna yang menarik untuk pengunjung website. 

Tujuan dan pemasaran bisnis dengan jelaslah yang mampu mengukur kualitas trafik di suatu website. Umumnya, nilai konversi dari data pengunjung menjadi salah satu indikatornya.

Quantity Traffic

Selain kualitas, kuantitas trafik dalam sebuah website juga cukup diperhitungkan dalam meningkatkan performanya. Semakin besar jumlah kunjungan di setiap halaman dalam sebuah website, maka perolehan nilai trafik juga semakin besar. 

Inilah alasan pentingnya mengembangkan website dengan konten-konten berkualitas, terlebih jika website tersebut bergerak di bidang bisnis. 

Organic Traffic

Jenis trafik ini bisa dibilang sangat disukai kebanyakan pemilik situs web, karena dianggap lebih efektif. Pasalnya, jenis trafik ini lebih mengandalkan lalu lintas organik dari proses pencarian di internet. Dimana, hasil yang muncul di laman pencarian dianggap memiliki relevansi yang tinggi.

Cara Kerjanya

SEO adalah teknik meningkatkan visibilitas website agar semakin mudah ditemukan oleh pengguna di internet.

Namun, tak semua website bisa dengan mudah menduduki posisi teratas di halaman hasil pencarian atau search engine result page (SERP). 

Untuk itu, penting sekali mengetahui bagaimana cara kerja dari search engine optimisation. Berikut ini tiga tahapan proses cara kerja search engine optimization dalam mengoptimasi website, antara lain.

Crawling

Tahap ini merupakan proses pengumpulan halaman web yang baru saja dirilis maupun di-update untuk kemudian disimpan ke dalam database.

Indexing

Tahap ini merupakan proses dimana Google tengah mempelajari kualitas dan struktur dari suatu website.

Termasuk menilai relevansi konten yang disajikan dengan kebutuhan audiens, hingga kredibilitas dari setiap halaman web yang tersimpan di database-nya.

Rangking (Pulling result)

Selanjutnya, halaman hasil pencarian alias SERP yang akan diisi dengan susunan daftar website dengan ranking tertinggi sesuai keyword yang dimasukkan.

Mesin pencari seperti Google, memiliki algoritma tersendiri dalam menampilkan hasil pencarian keyword di laman pencariannya.

Algoritma ini akan selalu mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh perkembangan tren, jaman hingga teknologi terkini.

Search Engine Optimization dan Jenis-jenisnya  

Search engine optimization memiliki beberapa jenis berbeda sesuai fokus tujuannya, berikut diantaranya. 

SEO Off Page

Apa itu SEO off page? Jenis optimasi ini bertujuan membantu Google mengevaluasi seberapa besar relevansi dan manfaat suatu konten bagi pengguna.

Bisa dikatakan, SEO off page merupakan langkah optimasi dari luar website. Untuk itu ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, antara lain.

  • Membangun link building, atau aktivitas dalam mendapatkan backlink dari website yang lain,
  • Meningkatkan Domain Authority, dan Page Authority, 
  • Promosi konten melalui sosial media maupun platform marketing lainnya;
  • Guest blog (publish artikel berkualitas ke website lain dengan menyertakan backlink ke halaman web kamu).

Meningkatkan kekuatan SEO off Page akan membuat Google lebih yakin jika situs web yang kamu kembangkan sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Dengan begitu, kredibilitas website akan turut meningkat sehingga potensi kenaikan rangking-nya bukan lagi isapan jempol semata.

SEO On Page

Jenis SEO yang satu ini digunakan untuk mengoptimasi website dari bagian depan, salah satunya dengan memaksimalkan konten dan isinya sehingga lebih gampang ditemukan.

Berikut ini beberapa aspek yang perlu dimaksimalkan, antara lain:

  • Judul;
  • Struktur;
  • Gambar;
  • Kualitas konten,
  • Penyebaran keyword;
  • Internal link,
  • Permalink;
  • Elemen SEO (tag, meta description, tag, dan sebagainya);

Semakin terpenuhi semua aspek dalam SEO on Page, maka untuk berada di jajaran top rank hasil pencarian di Google bukanlah hal yang sulit. 

Perlu diketahui, bahwa jenis SEO on Page menjadi hal wajib untuk dikuasai karena menjadi basic.

Terutama jika kamu baru memulai mempelajari search engine optimization.

Tips SEO Expert

Manfaatkan tool SEO gratis yang bernama SEO Content Analysis untuk menulis konten SEO yang baik dan sesuai teroptimasi sesuai dengan target keyword kamu.

SEO Content Analysis

Technical SEO

Jenis SEO yang satu ini bekerja dengan mengoptimasi website dari dalam, yakni melalui struktur website. 

Sehingga membuat performanya lebih maksimal dan bisa diterima Google.

Secara umum, berikut ini beberapa aspek yang termasuk dalam technical SEO.

  • Struktur website;
  • Kecepatan website;
  • Layout website;
  • Tema responsive;
  • Keamanan situs (SSL);
  • XML Sitemap;
  • Navigasi.

Penerapan technical SEO akan membuat website memiliki struktur lebih baik yang membuatnya mudah terbaca oleh search engine

Dengan begitu, peluang Google untuk mengindeks website kamu untuk ditampilkan dalam halaman hasil pencariannya menjadi lebih besar.

Demikian tadi informasi menarik tentang apa itu SEO dan bagaimana caranya bekerja mengoptimasi website.

Itulah mengapa jika ingin menaikkan traffic website, maka terapkan penggunaan SEO dengan tepat dari sekarang.

CategoriesSEO