Apa Itu Optimasi SEO On Page? Pengertian dan Cara Optimasinya

SEO on page, SEO on page adalah, On Page SEO, apa itu optimasi SEO

Memahami apa itu optimasi SEO on page menjadi salah satu hal penting untuk mendongkrak visibilitas website. Terlebih jika jika tujuannya adalah untuk berbisnis, tentu on page SEO tak boleh dilewatkan.

Udemy

Udemy menyediakan pilihan kursus SEO paling lengkap di semua bidang, dari SEO On-Page, Off-Page, Technical, Mobile SEO, dan masih banyak lagi.

Penasaran mengapa optimasi SEO on page begitu penting dan perlu dilakukan, serta teknik seperti apa saja yang digunakan dalam optimasi SEO? Lebih jelasnya, simak dulu yuk ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengenal Apa Itu Optimasi SEO on Page

Optimasi SEO on page adalah langkah-langkah yang digunakan untuk mengoptimalkan visibilitas halaman web agar mampu bersaing dan menempati peringkat teratas di hasil pencarian. Secara umum, langkah optimasi on page SEO yang digunakan cenderung fokus pada faktor-faktor pendukung di dalam konten tersebut. 

Dengan kata lain, bukan sekedar mempublikasikan konten yang relevan dan berkualitas saja, tetapi kamu juga perlu memperhatikan konten dari bagian dalam. Dimulai dari pemilihan tag judul, link internal, gambar berkualitas di dalam konten, maupun URL link-nya.

Optimasi SEO yang dilakukan secara optimal akan membuat mesin pencari lebih mudah memahami relevansi dan konteks dari konten dalam website sesuai keyword yang pengguna cari.  

Memahami Pentingnya On Page SEO

Dikatakan bahwa SEO on page adalah teknik yang tak boleh dilewatkan dalam optimasi SEO untuk website. Ada beberapa alasan pentingnya optimasi SEO on page untuk halaman web, misalnya meningkatan trafik berkualitas dari pencarian lokal.

Ini karena on page SEO dapat membantu search engine dalam mengindeks konten dan halaman web. Apakah memiliki relevansi yang tinggi terkait queri (kata kunci) yang dicari oleh pengguna.

Baca Juga: Panduan SEO Youtube

Ditambah lagi, SEO on page memiliki nilai permanen yang bisa dijadikan sebagai aset. Oleh karena itu, penting untuk melakukan optimasi SEO dengan langkah-langkah yang tepat.

Cara Mudah Optimasi SEO On Page

Setelah tahu apa itu optimasi SEO on page dan seberapa pentingnya untuk kebutuhan visibilitas website, selanjutnya pahami juga langkah-langkah apa saja yang diperlukan dalam optimasi on page SEO.  Berikut ini beberapa diantaranya,

Langkah optimasi SEO on page yang pertama dimulai dengan menggunakan permalink yang sederhana dan jelas. Hal ini akan memudahkan search engine dalam mengenali topik yang dibahas dalam konten.

Idealnya, permalink hanya perlu berisi kata kunci tertarget saja. Misalnya, kata kunci yang kamu targetkan di konten tersebut adalah “Baju gamis anak”. Maka, idealnya permalik dari konten tersebut adalah “www.situsbelanja.com/baju-gamis-anak”.

2. Optimalkan Judul Konten  

Sebelum mengklik salah satu halaman web yang muncul di hasil pencarian, pengguna pasti lebih dulu memilih judul mana yang dianggapnya menarik. Selain menarik, pengguna juga memilih judul yang dianggapnya relevan dengan kata kunci yang mereka cari.

Oleh karena itu, optimasi SEO judul konten perlu dilakukan dengan membuatnya semenarik mungkin dan punya relevansi dengan kata kunci  terkait. Misalnya dengan menambahkan kata sifat atau angka agar judul terlihat lebih menarik. 

Dilansir dari Content Marketing Institute, konten dengan judul yang memuat angka mampu menunjukkan performa hingga 45% lebih baik. Meski demikian, tak semua konten bisa atau cocok dengan tambahan angka di dalamnya, kamu bisa berkreasi dengan tetap memperhatikan relevansinya.

3. Berikan Tambahan Visual

Langkah optimasi SEO on page selanjutnya yakni dengan menambahkan visual yang relevan dengan isi konten, baik gambar maupun video. Pasalnya, konten yang hanya berisi teks sangatlah membosankan, bahkan melelahkan untuk dibaca.

Sebab itu, pastikan untuk menyematkan visual di dalam konten tersebut. Jangan lupa, perhatikan juga soal kualitas, resolusi hingga hak cipta dari visual yang akan ditampilkan. 

Baca Juga: SEO Off Page

Sebab itu, pastikan untuk menyematkan visual di dalam konten tersebut. Jika memilih untuk menyematkan gambar, maka perhatikan hal-hal berikut,

  • Kualitas gambar harus baik, 
  • Resolusi gambar tidak boleh melebihi ataupun kurang dari 100kb. Ada beberapa tools resizer yang bisa digunakan untuk mengubah resolusi dan ukuran gambar agar lebih sesuai.
  • Hak cipta dari gambar yang akan ditampilkan harus berasal dari sumber bebas copyright.
  • Beri nama file gambar sesuai focus keyword.
  • Ubah alternatif text dengan kata kunci yang ditargetkan

4. Letakkan Keyword Utama di Paragraf Awal

Setelah judul, langkah optimasi on page SEO bisa dilakukan dengan meletakkan kata kunci utama di paragraf awal, setidaknya di 100 kata pertama dalam artikel. Pasalnya, paragraf pembuka dianggap mampu memberikan kesan awal yang baik bagi pembaca.

Kamu perlu lebih lugas menceritakan apa yang ingin disampaikan dalam konten artikel tersebut. Tetapi kamu pun tak perlu memaksakan keyword untuk bisa diletakkan di paragraf awal, karena memang tak semua kata kunci cocok di awal paragraf. 

Untuk menyiasatinya, kamu bisa membuat paragraf pembuka dengan deskripsi yang menarik dan informatif.

5. Maksimalkan Penggunaan Heading

Agar konten lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung, penting untuk membuat konten secara terstruktur. Salah satunya dengan penggunaan heading dan subheading yang fungsinya tak jauh berbeda dengan bab dan sub bab dalam buku.

Gunanya untuk memecah artikel menjadi beberapa poin, sehingga memudahkan pengunjung untuk membaca untuk memahami isinya. Selain pengguna, penggunaan heading juga membantu mesin pencari dalam melakukan crawling, sekaligus memahaminya sebagai pokok pembahasan dari konten tersebut. 

Hal inilah yang membantu langkah optimasi SEO lebih optimal. Selain itu, jangan lupa untuk memasukan focus keyword maupun turunannya.

Langkah optimasi on page SEO selanjutnya adalah dengan menambahkan internal link di dalam konten. Internal link sendiri merupakan tautan yang mengarah langsung ke konten lainnya yang ada di dalam website tersebut. 

Jenis link ini akan memudahkan pengunjung untuk menemukan konten-konten yang relevan dengan konten yang sebelumnya dibuka di website tersebut. Menempatkan internal link dengan tepat juga dapat memudahkan mesin pencari dalam memahami konteks dari konten tersebut, termasuk keterkaitan antar halaman di dalam website. 

Apalagi, Google lebih mengutamakan website dengan konten-konten yang saling berkaitan. Dengan menempatkan internal link dalam konten, kamu dapat menunjukkan bahwa konten didalam website saling terkait satu sama lain. 

Selain menambahkan internal link, langkah optimasi SEO on page juga bisa dilakukan dengan menyisipkan outbound link ke dalam konten. Outbound link sendiri merupakan link atau tautan yang berasal dari website lain.

Pastikan untuk tidak memasukan link website dari sumber acak atau abal-abal, pilih website yang memiliki reputasi baik. Fungsi dari outbound link ini untuk memperlihatkan bahwa konten yang dibuat berasal dari sumber yang kredibel dan memiliki keterkaitan dari segi isi konten.

8. Terapkan Tema yang Responsif

Tema responsif disini artinya tema yang diterapkan dalam website tersebut kompatibel dengan semua jenis perangkat. Dimana website akan tetap bisa berjalan dengan responsif, meskipun dijalankan dari perangkat komputer, laptop, tablet ataupun mobile.

Terlebih lagi, saat ini Google telah menerapkan metode mobile first indexing. Dimana hal ini secara tidak langsung menuntut para pemilik website agar membuat websitenya lebih mobile friendly alias ramah untuk pengguna perangkat mobile

Dengan kata lain, Google melakukan penilaian performa website dari versi mobile-nya. Ketika performanya kurang baik atau bahkan buruk, besar kemungkinan akan mempengaruhi kualitas dari SEO website secara keseluruhan.

9. Buat Konten yang Berkualitas

Langkah optimasi SEO On Page yang paling penting dan tak boleh diabaikan adalah membuat konten yang berkualitas. Baik dari segi isi, sumber data yang digunakan kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan, hingga panjang konten. 

Kualitas konten bisa dilihat dari seberapa relevan isi konten dengan kata kunci dan apakah bisa memberikan jawaban dari pertanyaan dan kebutuhan pengguna. Panjang konten pun sangat fleksibel, disesuaikan dengan kata kunci dan pembahasannya.

10. Lakukan Audit Konten

Kebanyakan pemilik website cenderung fokus dalam membuat dan menambahkan konten baru saja tetapi lupa mengaudit konten yang sudah dirilis. Perlu dipahami bahwa ini merupakan kesalahan dan perlu diperbaiki.

Mengapa audit konten yang sudah rilis sangat penting? Alasannya karena dapat membantu beberapa hal, seperti:

  • Mengevaluasi konten yang ada sudah berhasil mencapai tujuan dan mendapatkan ROI atau belum.
  • Mengidentifikasi apakah informasi yang ada dalam konten masih relevan atau justru sudah out of date alias ketinggalan jaman.

Dengan mengaudit konten secara teratur, website kamu akan memiliki konten yang selalu relevan dan up-to-date dengan perkembangan zaman. Sehingga, Google akan lebih mudah mengindeksnya dan menempatkannya di peringkat teratas hasil pencarian.

Demikian tadi informasi menarik tentang apa itu optimasi SEO on page dan bagaimana langkah terbaik untuk menerapkannya. Pahami juga bahwa SEO on page adalah langkah optimasi yang terdiri dari banyak hal. Jadi, pahami satu per satu dan terapkan dengan baik dan tepat. Selamat mencoba! 

 

CategoriesSEO