Cara Mudah Belajar SEO untuk Pemula

Belajar SEO bagi pemula mungkin jadi hal yang bisa bikin pusing kepala, akhirnya enggan mempelajarinya. Jangankan tahu tools apa yang harus digunakan, bagaimana memulainya pun mungkin belum sempat terpikirkan. 

SEMRush

SEMRush adalah SEO tools terbaik bagi semua penggiat digital marketing, dari pemula hingga expert.

Sebetulnya jika kamu tahu triknya, belajar SEO pemula bukanlah hal yang sulit dilakukan. Apalagi SEO punya peran yang cukup penting dalam optimasi sebuah website, terutama meningkatkan trafik hingga konversi penjualan.

Untuk itu kamu perlu belajar SEO WordPress agar optimasi website jadi lebih mudah dilakukan. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, simak rangkuman langkah-langkah belajar SEO untuk pemula berikut ini.

Mulai dengan Belajar SEO Dasar

Dalam belajar SEO, hal pertama yang perlu diketahui adalah apa itu SEO. Pada dasarnya, SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara atau konsep dalam mengoptimasi website agar berada di rangking teratas pada mesin pencari.

Dengan berada di rangking teratas mesin pencari, tentu akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Dari mulai peningkatan kunjungan secara organik dan gratis, visibilitas website yang lebih baik, hingga membangun brand awareness.

Hanya saja, tidak ada yang tahu teknik apa yang digunakan Google dalam perangkingan website di mesin pencarinya. Meskipun demikian, ada beberapa indikator yang bisa dijadikan sebagai tolok ukurnya, antara lain.

  • Website memiliki struktur yang rapi, mudah diakses dan cepat.
  • Domain mudah dibaca oleh mesin pencari Google maupun pengunjung di internet.
  • Memiliki konten artikel yang berkualitas, relevan dan bermanfaat dengan target keyword yang sesuai.
  • Keamanan website dan banyak lagi.

Belajar SEO On Page 

Setelah belajar SEO dasar, selanjutnya hal yang perlu dipelajari adalah SEO On Page. Ini merupakan langkah optimasi website yang dilakukan dari dalam atau dari segi isi atau konten-kontennya.

Tujuannya untuk meningkatkan visibilitas website sesuai target yang dibidik. Untuk meningkatkan on page SEO, ada sejumlah faktor yang perlu dipenuhi,

  • Kualitas konten, 
  • Memilih keyword yang relevan,
  • Menentukan judul yang menarik dan mengundang,
  • Url link dan meta deskripsi yang deskriptif,
  • Gambar konten berkualitas dan beresolusi tinggi,
  • Internal link yang sesuai,
  • Backlink ke website lain yang berkualitas,

Langkah optimasi ini bertujuan supaya search engine mengetahui bahwa website kamu memang relevan dengan apa yang pengguna inginkan. Selain itu, juga memang punya kualitas yang baik. 

Dengan kata lain, relevansi dan kualitas website menjadi syarat utama dalam optimasi website secara optimal.

Riset Keyword

Dalam belajar SEO pemula, riset keyword menjadi bahasan yang bisa dibilang cukup penting. Langkah ini akan membantu kamu lebih mudah membuat konten yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan atau dicari pengguna di internet. 

Saat melakukan riset keyword, ada sejumlah hal yang penting untuk diperhatikan, antara lain.

  • Search Volume, menunjukkan berapa banyaknya keyword diketikkan di mesin pencari Google. 
  • Keyword Difficulty, mengetahui tingkat kesulitan keyword tertentu untuk bisa berada di daftar teratas mesin pencari.
  • Keyword Suggestion, berguna untuk mencari keyword dengan intent atau tujuan yang sama. 
  • Halaman Hasil Pencarian, penting untuk menganalisis bagaimana website kompetitor bisa berada di peringkat teratas.

Dengan riset keyword, kamu bisa lebih tahu konten seperti apa yang sesuai untuk website yang sedang dikembangkan. Salah satu langkah mudah melakukan riset keyword yakni dengan menggunakan tools dari Google, yakni Keyword Planner. Selain gratis, tools ini juga dilengkapi dengan banyak fitur yang mudah digunakan.

Belajar Membuat Konten Berkualitas

SEO dan konten berkualitas adalah dua hal yang saling berkaitan dalam meningkatkan optimasi website. Agar konten yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, setidaknya ada beberapa hal yang wajib dipenuhi, diantaranya.

  • Relevan, pastikan konten yang dibuat sesuai dengan apa yang dicari pengguna. Jika tidak, bisa-bisa blog atau website milikmu akan sepi pengunjung. 
  • Unik dan volume pencarian tinggi, konten yang banyak dicari dan memiliki keunikan akan membuatnya disukai mesin pencari Google. 
  • Informasi valid, pastikan untuk selalu memberikan informasi yang terbukti valid dan benar dari sumber terpercaya.

Off Page SEO

Jika On Page SEO lebih menekankan langkah optimasi dari dalam website, maka Off Page SEO kebalikannya. Dimana langkah optimasi lebih difokuskan dari sisi luar website tersebut.

Saat belajar SEO dasar berkaitan dengan optimasi Off Page, hal-hal berikut ini perlu kamu perhatikan.

  • Menciptakan brand mention atau referensi online secara positif untuk mendapatkan quality traffic. Pasalnya, Google 
  • Membuat profil di platform Google Bisnisku, untuk membantu memudahkan pengguna menemukan informasi terkait bisnis kamu. Dari mulai jam operasional, alamat, foto dan deskripsi bisnis secara singkat.

Sebetulnya, masih banyak langkah optimasi SEO Off Page lainnya yang bisa dilakukan, seperti review hingga sharing di sosial media. Langkah yang tepat akan memberikan hasil yang memuaskan.

Ketika belajar tutorial SEO, jangan sampai lupa tentang Link Building yang masih termasuk SEO Off Page. Langkah ini merupakan upaya membangun link dari website lainnya untuk menuju ke website milikmu.

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan dalam membuat link building. Pertama dengan mendapatkan sebanyak-banyaknya Referring Links agar dapat menunjukkan bahwa website kami merupakan sumber informasi terpercaya dan kredibel. 

Selain dari segi jumlah, selanjutnya pastikan juga bahwa link yang didapatkan cukup relevan dengan topik yang ada di website milikmu. Tak sampai disitu, Domain Authority website juga perlu dibangun.

Jenis link-nya pun juga perlu diperhatikan apakah termasuk NoFollow atau DoFollow, dan banyak lagi hal lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Kursus SEO Online Terbaik

Demikian tadi rangkuman langkah-langkah dalam belajar SEO dasar, tidak sulit bukan? Meski memang, ada banyak hal yang perlu dipahami, tapi dengan langkah tepat kamu akan mampu menguasainya. 

Satu hal yang harus dipahami saat belajar SEO pemula adalah jangan bosan untuk selalu belajar, karena akan selalu ada hal baru untuk dipelajari di dunia SEO dan optimasi website. Selamat belajar dan mencoba!

CategoriesSEO