Apa Itu Domain Rating, Seberapa Penting Perannya dalam Optimasi SEO

Domain rating, apa itu Domain Rating, domain rating adalah, cara meningkatkan rating domain, domain rating dan domain authority

Ingin membuat peringkat website di Google SERP naik di posisi teratas? Maka meningkatkan domain rating adalah satu dari sekian teknik optimasi SEO yang perlu dilakukan.

ProRankTracker

ProRankTracker memudahkanmu sebagai SEO Expert, SEO agensi, maupun SEO Specialist untuk memonitor perkembangan situs kamu maupun klien.

Dikatakan bahwa domain rating atau DR memiliki peran yang cukup penting dalam meningkatkan ranking website di search engine.

Memangnya, apa yang dimaksud dengan domain rating dan domain authority, lalu apa bedanya?

Tapi bagaimana cara mengetahui rating domain dari website yang dimiliki? Bagaimana pula teknik yang tepat untuk meningkatkan DR dari website tersebut?

Daripada penasaran, yuk simak ulasan menariknya berikut ini selengkapnya.

Mengenal Domain Rating

Apa itu Domain Rating

Apa yang dimaksud dengan domain rating adalah sebuah metrik ciptaan Ahrefs yang digunakan untuk menunjukkan seberapa kuat backlink dari suatu website. 

Angka penilaiannya dimulai dari angka 0 sampai 100. Website dengan skor DR yang tinggi, maka dikatakan bahwa backlinknya semakin kuat.

Menurut Ahrefs, ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi rating domain dari sebuah website, diantaranya.

  • Jumlah situs web yang memberikan tautan balik (backlink) ke situs web milikmu,
  • Skor DR dari situs-situs web tersebut,
  • Jumlah situs web yang memperoleh link dari situs-situs web tersebut.

Ketika mendalami SEO, besar kemungkinan kamu pasti mendengar apa itu domain authority yang digunakan untuk mengukur kualitas dari suatu domain. 

Lantas apa bedanya domain rating dan domain authority? 

Meskipun keduanya memiliki nama yang hampir sama, namun antara domain rating dan domain authority memiliki metrik yang cukup berbeda. 

Untuk tahu dimana letak perbedaannya, simak ulasannya sampai selesai.

Domain Rating dan Domain Authority, Apa Bedanya?

Perbedaan mendasar dari kedua metrik ini adalah pengembangnya. Domain rating adalah metrik yang dikembangkan oleh Ahrefs, sementara domain authority dikembangkan oleh Moz.

Lantas apa itu domain authority atau biasa disebut dengan DA? Ini merupakan metrik yang digunakan untuk memprediksi peluang yang dimiliki oleh website agar bisa muncul di Google SERP.

Ada beberapa faktor yang digunakan oleh Moz untuk mengecek domain authority dari sebuah website, diantaranya:

  • Usia domain, semakin lama dan aktif sebuah domain nilainya pun akan semakin tinggi.
  • Popularitas domain, jumlah link yang terhubung langsung ke domain website tersebut.
  • Ukuran domain, dilihat dari jumlah konten berkualitas yang disuguhkan di dalam website tersebut.

Website dengan skor domain authority yang tinggi berpotensi mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman hasil pencarian. 

Itulah sebabnya, jika website kamu memiliki skor Domain Authority yang lebih tinggi ketimbang website kompetitor, besar kemungkinan ranking website di Google juga lebih baik.

Bisa disimpulkan bahwa domain authority dan domain rating memiliki perbedaan dari segi fungsinya. 

Dimana domain authority menggambarkan seberapa tinggi ranking website, dan menggunakannya sebagai acuan meningkatkan peringkat website di halaman hasil pencarian.

Sementara DR memberitahukan seberapa kuat backlink dari website yang akan diajak saling bertukar backlink untuk membantu strategi link building.

Seberapa Penting Domain Rating?

Meskipun DR bukan salah satu ranking faktor di Google, tapi dengan skor yang tinggi mampu membantu menaikkan ranking website milikmu.

Perlu diingat, bahwa skor rating domain diperoleh dengan berapa banyak jumlah situs web yang memberikan backlink ke situs web milikmu.

Artinya, ketika website mendapatkan backlink yang banyak dari website lain, maka akan semakin tinggi skor domain ratingnya.

Sementara itu, jumlah backlink ternyata juga jadi salah satu rangking faktor di Google yang mempengaruhi posisi atau peringkat di SERP.

Dengan kata lain, meningkatkan skor DR dengan memperoleh banyak backlink mampu membuat peringkat website di SERP menjadi lebih baik.

Namun, jangan hanya terpaku pada jumlah backlink saja, tetapi relevansinya pun juga perlu diperhitungkan. 

Untuk itu, kamu harus bisa mendapatkan backlink yang berkualitas supaya mesin pencari lebih mudah melakukan indexing dan memahami bahwa informasi yang disajikan website kamu memang kredibel.

Cara Meningkatkan Rating Domain pada Website

Meningkatkan domain rating adalah hal yang perlu dilakukan agar lebih mudah diindeks oleh Google, sehingga peluang untuk muncul di SERP menjadi lebih tinggi. 

Ada beberapa langkah cerdas yang bisa digunakan sebagai bagian dari cara meningkatkan rating domain, berikut beberapa diantaranya.

1. Fokus dengan Kualitas Konten 

Cara meningkatkan domain rating paling mudah adalah dengan memastikan bahwa website tersebut dipenuhi dengan konten-konten yang mengedepankan kualitas. 

Pastikan informasi yang disajikan dalam konten tersebut lengkap, berasal dari sumber kredibel gampang dipahami dan memberikan solusi bagi mereka yang mencarinya. 

Untuk itu, perlu melakukan riset keyword untuk topik yang akan dibahas sebelum menulisnya.

Perhatikan juga beberapa kueri yang muncul di kolom “Orang-orang Juga Bertanya” agar kamu bisa lebih gampang memasukkan informasi terkait ke dalam konten tersebut.

Ketika informasi yang diulas dalam konten kamu berguna, maka pengunjung website akan dengan senang hati turut membagikannya dengan menautkan linknya di website milik mereka.

Ini artinya, kredibilitas dari website milikmu akan meningkat dan bisa dengan mudah memperoleh backlink secara organik.

Dengan konten yang berkualitas, kamu akan dengan mudah melakukan strategi link building dan mendatangkan banyak backlink dari website lain salah satunya dengan bertukar backlink.

Namun, perlu diperhatikan untuk lebih mengutamakan website dengan rating domain yang tinggi.

Selain itu, pastikan relevansi dari website tersebut dengan website milik kamu, ya. Supaya bukan hanya asal bisa mendapatkan backlink, namun tetap dapat menjaga kualitas dari link tersebut.

3. Buat Konten dengan Format Berbeda dan Bagikan

Supaya website mendapatkan DR dengan skor yang tinggi, kamu juga bisa dilakukan dengan membagikan konten dengan format berbeda.

Misalnya saja seperti video, podcast, maupun postingan di media sosial.

Tak perlu membahas informasi dari konten utama secara keseluruhan, cukup dengan memberikan poin utamanya saja.

Kemudian ajak audiens yang tertarik dengan informasi tersebut untuk membaca informasinya secara lengkap di website.

Dengan begitu, kamu tak hanya mendapatkan backlink tambahan yang berasal dari pencarian di Google saja, tapi juga dari berbagai platform lainnya seperti Facebook, Youtube, Twitter dan lain sebagainya.

Alhasil, website milikmu akan mendapatkan backlink dengan lebih mudah dan bahkan cuma-cuma.

Menautkan internal link ke dalam konten dengan topik yang relevan juga bisa cara meningkatkan rating domain, lho. 

Ini karena strategi optimasi SEO on page yang baik dapat menunjukkan bahwa konten tersebut memang mengandung informasi dengan manfaat lebih bagi pengguna internet.

Dengan menambahkan internal link ke dalam konten, ini juga turut meningkatkan otoritas halaman web tersebut sebagai konten “utama”. 

5. Sempurnakan dengan Technical SEO

Meningkatkan domain rating agar skornya naik bukan hanya melulu soal mendapatkan backlink saja. 

Kamu juga jangan sampai lupa untuk menerapkan technical SEO.

Meski memang, upaya-upaya seperti meningkatkan kecepatan loading website, menyempurnakan struktur website dan mengatasi masalah broken link tidak dapat mempengaruhi skor secara langsung. 

Namun, hal tersebut mampu memberikan dampak positif terhadap pengalaman pengunjung ketika menjelajahi website. 

Ini artinya pengunjung akan merasa betah berlama-lama di website tersebut untuk mencari informasi yang dibutuhkannya.

Hal tersebut kemudian diterjemahkan oleh mesin pencari bahwa website tersebut layak mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari.  

Demikian tadi informasi menarik tentang apa yang dimaksud dengan domain rating dan bedanya dengan domain authority. 

Dengan memahami apa itu domain rating, kamu bisa melakukan sejumlah upaya yang lebih tepat untuk membantu meningkatkan performa website di SERP. Semoga bermanfaat. 

CategoriesSEO