Apa Itu Backlink? Pahami Jenis dan Cara Mendapatkannya

Apa itu backlink, backlink adalah, backlink dalam SEO, backlink yang disukai Google

Penasaran dengan apa itu backlink dan mengapa penting dalam SEO? Backlink adalah salah satu cara mengoptimasi website agar masuk di SERP dan menduduki peringkat teratas. 

Udemy

Udemy menyediakan pilihan kursus SEO paling lengkap di semua bidang, dari SEO On-Page, Off-Page, Technical, Mobile SEO, dan masih banyak lagi.

Dengan menempatkan backlink berkualitas di dalam konten, ini akan memudahkan mesin pencari dalam memberikan penilaian kredibel pada website.

Sehingga konten yang diunggah nantinya akan dengan mudah berada di peringkat teratas SERP.

Namun, backlink yang disukai Google seperti apa dan bagaimana pula cara mendapatkannya? 

Daripada penasaran, yuk simak ulasan selengkapnya tentang apa itu backlink dan seberapa pentingnya dalam SEO, hingga cara mendapatkan backlink berkualitas.

Backlink adalah sebuah tautan atau link yang berasal dari sebuah halaman web menuju halaman web yang lain. 

Link ini juga dikenal dengan sebutan inbound link, one way link, atau incoming link yang bisa diartikan sebagai link masuk atau link satu arah.

Dengan kata lain, ketika website lain menempatkan link menuju ke website milikmu, maka kamu mendapatkan backlink dari mereka. 

Begitu juga ketika kamu menyematkan link ke website lain, mereka juga mendapatkan backlink dari kamu.

Nah, website yang memiliki backlink yang baik (bukan berisi spam) akan diindeks oleh mesin pencari dan memperoleh penilaian positif.

Bahkan, ini juga bisa jadi acuan kredibilitas sebuah website tersebut yang akhirnya membawanya ke peringkat teratas di SERP.

Jadi jangan heran bahwa rata-rata halaman web di peringkat teratas selalu memiliki backlink yang berkualitas.

Tak sampai disitu, backlink dalam SEO juga berperan dalam meningkatkan visibilitas website, lho. 

Karena ketika kamu mendapatkan tautan balik dari website lain yang kredibel, peluang trafik masuk juga akan kamu dapatkan.

Backlink dalam SEO memiliki dua jenis yang berbeda, dimana salah satu diantaranya sangat bermanfaat dalam optimasi website. 

Jika kamu termasuk pengguna platform WordPress, maka pasti sudah tidak asing lagi dengan keduanya, berikut ini penjelasannya.

DoFollow

Apa itu backlink DoFollow? Ini merupakan jenis backlink yang disukai Google dan diinginkan kebanyakan pemilik website. 

Alasannya, karena jenis DoFollow link ini mengizinkan search engine untuk melakukan crawling pada tautan yang disematkan. Sehingga Google bisa dengan mudah melakukan indexing.

Bisa dikatakan, jika Dofollow link telah membagikan trafiknya ke link website tujuan. 

Sehingga mampu membantu meningkatkan visibilitas dan juga ranking website tersebut di halaman hasil pencarian.

Hanya saja, tak semua jenis tautan dofollow dianggap baik. 

Alasannya, karena link tersebut tampak mencurigakan maupun didapatkan dari hal-hal yang tidak sesuai atau bahkan melanggar syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Mendapatkan backlink yang dikategorikan buruk bisa berdampak negatif bagi website, lho. 

Salah satunya, membuat website sulit untuk terindeks oleh mesin pencari hingga tidak dapat muncul di SERP. 

Itulah mengapa, penting untuk mendapatkan jenis backlink yang disukai Google atau mesin pencari lainnya.

Baca juga: Efek Buruk Broken Link di Website, Begini Cara Mengatasi Broken Link

NoFollow

Ketika ingin menempatkan link di dalam konten, disaat yang sama tidak mau link tersebut “dirayapi” oleh search engine, maka bisa dengan menyematkan NoFollow backlink.

Bisa dikatakan, NoFollow backlink adalah link yang tidak menyertakan tautan aktif.

Dengan menggunakan fitur tag nofollow, ini akan memberitahu search engine untuk mengabaikan tautan yang ada. 

Biasanya, jenis tautan seperti ini digunakan karena tidak memberikan pengaruh apapun pada visibilitas website maupun peningkatan ranking di SERP.

Agar bisa mendapatkan lebih banyak backlink ke website kamu, setidaknya ada tiga hal mendasar yang perlu dipahami, berikut ulasan selengkapnya.

1. Membuat Konten yang Relevan (Value)

Mendapatkan backlink adalah langkah yang digunakan agar kamu bisa “di-mention” web lain di dalam kontennya. 

Ketika pengguna menemukan konten kamu, baik dari mesin pencari seperti Google, media sosial, maupun secara langsung dan tetap menyematkan ke halaman web miliknya. 

Bisa dikatakan, ini merupakan tautan organik dari backlink yang disukai Google.

Agar website berpeluang mendapatkan lebih banyak backlink, maka kuncinya adalah dengan membuat konten artikel yang punya nilai (value), manfaat dan relevan. 

Sehingga, banyak yang akan dengan senang hati menautkan link halaman web milikmu ke website mereka.

2. Gunakan Platform Lainnya

Agar bisa mendapatkan backlink dari situs web lainnya, maka kamu bisa memanfaatkan platform lain. Misalnya meninggalkan tautan aktif di media sosial yang kamu miliki.

Atau bisa juga dengan meninggalkan komentar di postingan blog, membalas thread di forum maupun menambahkan direktori bisnis.

Dalam membangun backlink building, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Namun, agar langkah ini berhasil, maka website milikmu harus memiliki value yang jelas. 

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dicoba dalam membangun backlink,

  • Guest blogging, menawarkan diri untuk menulis postingan blog untuk situs web lainnya sambil menyematkan link yang mengarah ke website milikmu.
  • Broken link, menemukan tautan rusak (broken link) yang relevan dari situs web lain, lalu tawarkan situs web milikmu sebagai penggantinya.
  • Skycrapper, temukan konten dengan value lebih dan memiliki banyak tautan, lalu buat konten yang lebih baik dari sumber aslinya. Kemudian, mintalah untuk menautkan link halaman web kamu ke laman aslinya.

Nah, demikian tadi informasi menarik tentang apa itu backlink dalam SEO yang perlu lebih dipahami. 

Bisa dibilang, backlink adalah satu dari sekian faktor yang mampu mengoptimasi performa SEO website. 

Untuk itu, kamu harus mendapatkan backlink berkualitas, sehingga website akan lebih mudah terindeks oleh Google. Alhasil, peringkat teratas di halaman hasil pencarian pun bisa didapatkan. Semoga bermanfaat.

CategoriesSEO