7+ Tools Digital Marketing Wajib untuk Digital Marketer Hingga Pebisnis Online

Tool digital marketing untuk memudahkan strategi Digital Marketing

Ingin sukses berbisnis online atau digital? Pastikan jangan sampai salah memilih tool digital marketing agar pekerjaan semakin mudah.

ProRankTracker

ProRankTracker memudahkanmu sebagai SEO Expert, SEO agensi, maupun SEO Specialist untuk memonitor perkembangan situs kamu maupun klien.

Mengelola bisnis secara digital sekilas terlihat gampang dijalankan. Punya produk tinggal pajang, lalu promosi dan tunggu hingga pembeli datang.

Nyatanya, tidak semudah yang dibayangkan, lho. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang.

Nah, agar rencana bisnis atau kegiatan digital marketer bisa berjalan dengan lancar, kamu perlu bantuan tool digital marketing yang tepat.

Saat ini ada banyak aplikasi digital marketing yang sangat membantu dalam menjalankan pengelolaan bisnis online. 

Masih bingung memilih marketing digital tools yang tepat untuk bisnis kamu saat ini? Yuk simak rekomendasi pilihan berikut ini selengkapnya.

Setiap aplikasi digital marketing punya kelebihannya masing-masing. 

Ada marketing tools yang digunakan untuk mendapatkan data, mendongkrak penjualan hingga memantau pergerakan kompetitor.

Agar tidak salah pilih tools untuk belajar digital marketing dan mendongkrak performa bisnis saat ini, simak rekomendasinya berikut ini.

1. SEMRush Marketing Tools

Dalam pengelolaan bisnis, data punya peran yang amat penting. 

Tak melulu harus menyebar kuesioner atau melakukan survei dulu, data juga dapat diperoleh dari tool digital marketing seperti SEMRush SEO Tools salah satunya.

Selain dikenal sebagai SEO tools, SEMRush juga merupakan tools digital marketing yang akan memudahkan untuk mengevaluasi strategi digital marketing dari berbagai aspek.

Termasuk evaluasi promosi dari segi performa sosial media, content marketing, website, hingga iklan berbayar. 

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan berbagai ide potensial dengan menganalisis data kompetitor. 

Langkah ini tentu akan lebih memudahkan untuk memantau strategi yang digunakan kompetitor dan membandingkannya agar bisa meningkatkan performa. 

Berikut ini beberapa fitur unggulannya:

  • SEO tools, dari mulai riset keyword, riset kompetitor, link building, site audit, SEO on page dan off page.
  • Advertising tools, membantu mengevaluasi PPC alias iklan berbayar, dari mulai riset keyword, ads history hingga ad tracking.
  • Fitur sosial media, untuk memonitor dan mengelola bisnis di media sosial, mulai dari membuat poster, tracker, analitik hingga optimasi iklan.
  • Content marketing tools, membantu menciptakan konten untuk mendukung strategi marketing, dari riset kata kunci hingga audit konten.
  • Memantau trends, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 10 Cara Cerdas Membuat Artikel SEO Friendly yang Human Readable

2. Hootsuite

Tools digital marketing yang selanjutnya ini juga cukup populer dan banyak digunakan sejumlah perusahaan besar, misalnya Coca-Cola dan juga Sony Music. 

Dengan Hootsuite, kamu bisa lebih mudah mengelola banyak akun media sosial sekaligus bersama tim kerja.

Hanya dari satu marketing tools ini, kamu bisa login ke hampir 20 lebih akun medsos untuk memantau interaksi audiens, termasuk progress bisnis hanya dari satu halaman saja 

Keunggulan lainnya yang ditawarkan Hootsuite yakni penjadwalan postingan konten. 

Tinggal buat konten yang berkualitas, simpan di draft, lalu serahkan tugas penjadwalan otomatis ke Hootsuite.

Berikut ini fitur-fitur unggulan yang ditawarkan Hootsuite:

  • Analytics, menampilkan performa dari setiap akun medsos yang dimiliki. Dari mulai jumlah pengikut, postingan maupun cuitan yang diunggah, tingkat engagement dan trafik.
  • Assignments, fitur yang memudahkan kolaborasi antar tim, memantau performa mereka 
  • Streams, memudahkan monitoring engagement secara real-time melalui hastag atau kata kunci tertentu.

3. Ahrefs Tools Digital Marketing

Agar bisa membuat dan menjalankan strategi pemasaran dengan tepat, pasti perlu tools digital marketing yang mumpuni, bukan?

Nah, salah satu marketing tools yang recomended adalah Ahrefs. 

Marketing digital tools ini akan membantu menciptakan konten berkualitas dan SEO friendly agar website berada di peringkat teratas mesin pencari.

Bahkan, aplikasi digital marketing ini banyak direkomendasikan oleh para SEO specialist. Alasannya karena bisa membantu banyak tugas.

Termasuk, melacak keyword yang digunakan kompetitor, memantau peringkat dan tingkat kesulitan keyword yang dibidik, kesehatan website dan banyak lagi.

Berikut ini fitur-fitur unggulan yang ditawarkan Ahrefs, antara lain:

  • Mendukung berbagai mesin pencari, selain Google, kamu juga bisa mendapatkan insight dengan mudah dari mesin pencari lainnya, seperti Bing, YouTube, Amazon, Yahoo, Yandex, dan banyak lagi.
  • Keywords Explorer, selain menampilkan variasi kata kunci, kamu juga bisa melihat tingkat kesulitan keyword yang dibidik (keyword difficulty), volume pencarian hingga jumlah klik-nya.
  • SERP overview, menampilkan 10 konten atau website terbaik dari hasil mesin pencarian yang dipilih, termasuk trafik masuknya. 
  • Content gaps, memudahkan menganalisis perbandingan antara konten kamu dan konten milik kompetitor.

4. Mailchimp Marketing Tools

Dilansir dari Campaign Monitor, email marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang sangat efektif untuk mendatangkan pelanggan baru lebih banyak. 

Bahkan, return of investment atau ROI yang diperoleh juga cukup tinggi.

Nah, Mailchimp merupakan salah satu marketing tools terbaik dan terpercaya untuk mengakuisisi pelanggan baru dari jalur email. 

Dengan aplikasi digital marketing ini, kamu bisa dengan mudah mengirimkan ribuan email sekaligus. 

Cukup dengan menyiapkan daftar kontak atau leads lalu mulai mengirimkan newsletter atau email yang seolah-olah sudah dipersonalisasikan lebih dulu.

Kamu juga bisa memantau performa strategi email marketing tersebut, seperti berapa banyak pelanggan baru yang diperoleh dan sebagainya 

Ini karena MailChimp dan Google Analytics sudah terintegrasi. Berikut ini fitur-fitur unggulan dari MailChimp, antara lain:

  • ROI Analysis, membandingkan ROI dari email dengan kanal pemasaran lainnya, seperti media sosial dan website e-commerce.
  • Plugins, menghubungkan MailChimp dengan tools penting lainnya yang mendukung pengelolaan bisnis.
  • Drag-and-Drop interface, pengaturan template dan elemen email lainnya agar tampilan email makin menarik.

5. Google Analytics

Bisa dikatakan, selain gratis tools marketing yang satu ini bisa digunakan oleh siapa saja. 

Mulai dari membuat berbagai jenis laporan, seperti trafik website, kisaran pendapatan (revenue), konversi, bounce rate, hingga jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses situs.

Sebelum mulai menggunakan tool digital marketing ini, kamu perlu login ke akun Google. 

Selanjutnya, channel untuk menjalankan campaign bisnis akan segera dilacak, dari Google search engine itu sendiri maupun email marketing.

Dengan satu akun Google, kamu bisa mengakses semua fitur-fitur yang dimilikinya. Sehingga, akun Google Analytics dan Google Ads akan terhubung. 

Sehingga, iklan digital yang dibuat bisa dipantau dengan mudah dari dashboard yang sama. 

Dengan begitu, bisa memantau landing page, lead yang diperoleh, hingga konversi penjualan. Berikut ini fitur-fitur unggulan dari Google Analytics,

  • Flow visualization, mengetahui data unduhan file pengunjung, jumlah view, hingga pengunjung berasal dari mana.
  • Audience overview, mempelajari profil dan interaksi audiens di situs web.
  • Goals, memantau hasil konversi yang diperoleh, baik dari berlangganan newsletter, unduhan eBook dan sebagainya.

6. Canva

Aplikasi digital marketing yang satu ini, bukan sesuatu yang baru bagi penggiat desain konten digital marketing.

Selain gratis, Canva juga bisa digunakan siapapun, meski tak punya pengalaman apapun dalam bidang desain. 

Aplikasi marketing tools ini bisa jadi pilihan yang cerdas bagi pemilik bisnis UKM yang ingin membuat desain packaging, logo, maupun konten visual untuk medsosnya.

Ada berbagai macam pilihan template di Canva yang bisa diatur ulang dan disesuaikan dengan mudah.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih bagus atau lebih banyak template, bisa coba gunakan pilihan berbayar. 

Selain menggunakan template yang tersedia, kamu juga bisa mengambil gambar dari galeri perangkatmu sendiri untuk di edit di Canva. Bl

Berikut ini fitur-fitur unggulan dari Canva, antara lain:

  • PDF editor, tinggal impor file pdf dari perangkat untuk diedit langsung di Canva tanpa perlu menulis ulang atau copas per kata.
  • Teams, aktifkan fitur ini lalu undang rekan kerja atau tim untuk membuat desain baru atau menyempurnakannya bersama.
  • Video trimmer, mengedit video lebih mudah dan bisa di upload langsung ke media sosial.
  • Photo effects, ratusan filter atau efek yang bakal bikin desain gambar atau foto makin estetik.

7. Google Ads

Tools marketing dari Google yang satu ini wajib untuk dimasukkan ke dalam daftar tools digital marketing terbaik. 

Iklan di Google Ads ini tak hanya akan ditampilkan di Google saja, melainkan di situs web hingga aplikasi mobile.

Jenis iklan yang bisa didistribusikan pun beragam, mulai dari iklan video hingga daftar produk. 

Umumnya tools marketing ini bekerja berdasarkan kata kunci atau keyword yang di-bid atau dipilih pengiklan.

Misalnya, saja pengguna mencari informasi tentang kursus SEO. Nantinya Google Ads akan menampilkan iklan kamu di posisi teratas SERP dan memberikan label Ad.

Berikut ini fitur-fitur unggulan yang ditawarkan dari Google Ads, antara lain:

  • Ad scheduling, pengaturan jadwal iklan ditayangkan di waktu terbaik lebih mudah.
  • Bid settings, mengatur strategi bidding (penawaran) untuk memaksimalkan konversi.
  • Ad targeting, menampilkan iklan sesuai target dengan akurat sesuai demografis audiens, mulai dari gender, umur, wilayah, hingga perangkat yang digunakan.
  • Competitor analysis tools, mengenali kompetitor, termasuk strategi yang digunakan, bagaimana caranya optimasi medsos dan sebagainya.
  • Content marketing tools, mencakup sekumpulan tools untuk membuat konsep tulisan lebih ciamik.
  • Market analysis tools, mengoptimalkan fitur analisis untuk mendapatkan insight terkait market.

8. SurveyMonkey

Salah satu hal yang jadi kunci keberhasilan dari bisnis yang dijalankan, yakni survei. Mengapa demikian? 

Alasannya karena survei bisa membantu kamu untuk mengetahui hal-hal apa yang konsumen suka atau tidak suka. 

Terkadang dari survei, kamu juga bisa mendapatkan kritik dan saran untuk bisnis agar menjadikannya lebih berkembang.

Jika dulu survei hanya bisa dilakukan secara manual, kini bisa dilakukan secara online dengan bantuan tool digital marketing, misalnya SurveyMonkey. 

Hanya dalam waktu yang relatif singkat, kamu bisa memperoleh banyak informasi penting untuk dianalisis sesuai kebutuhan.

Fitur gratisnya bisa digunakan untuk membuat 10 pertanyaan maksimal dengan responder terbatas hanya 100 orang tiap survey-nya). 

Jika ingin yang unlimited, maka harus upgrade ke fitur premiumnya. Berikut ini fitur-fitur unggulan yang SurveyMonkey tawarkan, antara lain:

  • Koleksi beragam template survei, berisi dengan berbagai format dan jenis pertanyaan, hingga jawabannya
  • Analisis dengan hasil real-time, begitu survei selesai diisi, kamu akan mendapatkan hasilnya yang bisa diunduh kapan saja.
  • Dukungan pelanggan 24 jam penuh.

9. Trello Marketing Tools

Aplikasi digital marketing yang satu ini bisa dibilang sebagai cara baru mengelola tugas. 

Dengan tools digital marketing ini, kamu bisa lebih bebas mencatat tugas sesuai kategorinya.

Mulai dari list atau tahapan tugasnya, boards atau tema besarnya serta cards atau detail tugasnya.

Bukan hanya itu, Trello pun dilengkapi juga dengan berbagai fitur tambahan yang memudahkan pencatatan informasi penting terkait proyek yang dikerjakan.

Misalnya membuat label untuk membuat kategori, menambahkan dokumen dan checklist, memberi komentar, serta mengatur notifikasi untuk deadline.

Hebatnya lagi, kamu bisa dengan mudah membagikan daftar yang dibuat Trello ke anggota tim kerja lainnya. 

Sehingga, kolaborasi bisa lebih mudah dijalankan, termasuk memantau progres kerja dari proyek yang dijalankan.

Berikut ini fitur-fitur unggulan yang ditawarkan Trello.

  • Member dan personal boards tidak terbatas, 
  • Tersedia dalam aplikasi mobile;
  • Terhubung dengan layanan yang cukup beragam, dari Slack, Evernote, Google Drive, GitHub, dan sebagainya.
  • Terintegrasi dengan email agar bisa lebih mudah menambahkan cards maupun memberi komentar.

10. Monday.com

Digital marketing tools meliputi platform kolaborasi dan manajemen. 

Fungsinya, supaya anggota tim dapat berdiskusi dan bekerja sama dalam merencanakan strategi marketing dengan tepat. 

Bukan hanya itu, tools marketing kolaborasi ini juga untuk membuat tugas menjadi lebih jelas. Ini supaya produktivitas dapat selalu terjaga.

Monday.com merupakan tools yang terdiri dari papan tugas (boards) dengan label ‘working on’ sampai ‘done’. 

Pada papan tugas, kamu dapat menuliskan deskripsi tugas secara singkat lalu mendelegasikannya ke beberapa orang. 

Jika tugas tersebut sudah selesai, maka tinggal klik label ‘done’. 

Begitu juga ketika ingin menetapkan deadline proyek yang ditugaskan, sehingga tugas bisa diselesaikan tepat waktu. 

Berikut ini fitur-fitur unggulan yang ditawarkan Monday, antara lain:

  • Boards, deskripsikan tugas yang harus dikerjakan dengan singkat dan jelas, dapat diatur agar dapat dilihat secara umum atau private. 
  • Checklist, tandai tugas yang masih mandek, sudah diselesaikan, atau masih dalam proses.
  • Automation, pengaturan pengingat otomatis supaya tidak ada tugas yang terbengkalai.

Gunakan Tool Digital Marketing dari Sekarang

Memilih tools digital marketing sebetulnya bukan hal yang sulit, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan.

Apakah ingin digital marketing tools untuk memudahkan kolaborasi antar tim? Ada Trello, Monday.com atau Hootsuite yang bisa membantumu.

Atau ingin merencanakan strategi digital marketing, mengumpulkan data, atau delivery konten marketing? Ada SEMRush, Ahrefs, Google Analytic, dan SurveyMonkey.

Sementara jika ingin pasang iklan dengan gambar seru atau optimasi email marketing, bisa dengan Google Ads, MailChimp dan Canva.

Semuanya kegiatan digital marketing bisa lebih mudah dilakukan dengan bantuan aplikasi digital marketing.

Pilih dan gunakan tools digital marketing dengan tepat, lalu maksimalkan eksekusinya. Semoga bermanfaat!