Apa Itu Blog? Pengertian Blog dan Manfaatnya

Apa itu blog, pengertian blog, manfaat blog, apa yang dimaksud dengan blog,

Apa Itu Blog – Sudah tahu belum apa yang dimaksud dengan blog? Blog atau blogging adalah kegiatan menyajikan konten digital dalam website log atau jurnal online.

ProRankTracker

ProRankTracker memudahkanmu sebagai SEO Expert, SEO agensi, maupun SEO Specialist untuk memonitor perkembangan situs kamu maupun klien.

Ketika ingin memulai membuat konten digital, maka pahami dulu pengertian blog, jenis-jenis hingga manfaat blog.

Di era digital seperti saat ini, kepopuleran blog sebagai salah satu media online hampir tak bisa dibendung.

Dari blog, kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi, dari hal sederhana di kehidupan sehari-hari hingga tren terbaru atau berita viral.

Melalui blog, kamu juga bisa menyampaikan opini pribadi, informasi berupa tips dan trik hingga membangun branding bisnis.

Ingin belajar bagaimana membuat blog dan mulai menghasilkan cuan? Jangan buru-buru, ada baiknya simak dulu yuk apa itu blog, jenis dan juga manfaatnya dalam ulasan berikut ini.

Pengertian Blog 

Pengertian blog sebenarnya bisa diartikan juga sebagai weblog atau website yang berisi catatan (log), baik berupa artikel, gambar, foto maupun video.

Sementara, blogging adalah kegiatan pengelolaan blog tersebut yang biasanya dilakukan oleh satu orang saja atau beberapa blogger bersama-sama. 

Biasanya, blog lebih cenderung fokus membahas satu topik tertentu saja, seperti lifestyle, kesehatan, finance, teknologi, kuliner dan lain sebagainya.

Selain digunakan sebagai jurnal pribadi, apa yang dimaksud dengan blog juga kerap digunakan untuk tujuan bisnis.

Ada banyak sekali manfaat blog yang bisa digunakan untuk membantu mengembangkan potensi bisnis, dari mulai branding, publikasi bahkan promosi produk.

Bahkan marketer B2B yang menggunakan blog mampu mendapatkan 67% prospek lebih besar dibandingkan mereka yang tidak. 

Blog juga dinilai sebagai sumber terpercaya yang menyajikan informasi online secara akurat.

Tak heran jika banyak marketer yang lebih memprioritaskan untuk membuat blog dalam mendukung strategi marketingnya.

Sekilas Sejarah Tentang Apa Itu Blog

Pada tahun 1994, salah satu mahasiswa dari Swarthmore College bernama Justin Hall, disebutkan sebagai pembuat blog pertama, Links.net.

Akan tetapi, pada saat itu belum dianggap sebagai apa itu blog tetapi hanya beranda pribadi.

Hingga di tahun 1997, Jorn Barger, blogger untuk Robot Wisdom, mulai menciptakan istilah “weblog”.

Dimana ini digunakan untuk menggambarkan proses “mencatat web” saat ia melakukan penjelajahan di internet.

Istilah “weblog” kemudian disingkat menjadi “blog” di tahun 1999, oleh seorang programmer bernama Peter Merholz. 

Awalnya, pengertian blog adalah suatu jurnal pribadi atau web log di mana seseorang dapat berbagi informasi atau opini pribadi mereka tentang berbagai topik.

Informasi tersebut di posting dengan kronologis terbalik, sehingga postingan yang terbaru akan muncul lebih dulu. 

Sekilas blog hampir seperti koran namun dalam versi digital, tapi yang terjadi saat ini blog sudah berkembang dengan begitu cepat.

Update berkelanjutan, mudah memilih dan menentukan topik sesuai hobi atau minat jadi alasan mengapa blogging adalah kegiatan seru yang kini banyak dilirik.

Blog dan Jenis-jenisnya

Sudah mulai tahu apa itu blog dan sekilas sejarah dibaliknya? Berikut ini, beberapa contoh blog dan jenis-jenisnya.

  • Blog pribadi, blog yang digunakan untuk mencatat kegiatan pribadi bukan dipublikasikan untuk umum. Manfaat blog ini hampir sama seperti jurnal atau buku harian pribadi.
  • Blog niche, jenis blog ini membahas berbagai hal sesuai niche atau topik tertentu. Misalnya, traveling, fashion, kuliner, kesehatan, lifestyle hingga finansial.
  • Blog multimedia, biasanya tak hanya berisi konten tulisan tetapi juga video maupun kutipan penting.
  • Blog berita, cenderung fokus untuk menampilkan berita atau informasi terbaru secara akurat dan berimbang, serta bukan berdasar atas opini pribadi.
  • Blog bisnis, digunakan sebagai media perusahan atau bisnis tertentu untuk memberikan informasi terkait brand bisnis tersebut.
  • Blog afiliasi, digunakan sebagai media pemasaran pihak ketiga dengan teknik marketing afiliasi.
  • Reverse blog, blog yang konten di dalamnya ditulis atau dibuat oleh  penulis tamu dengan maksud dan tujuan tertentu. Misalnya meningkat eksposur bisnis, maupun sebagai sarana saling berbagi informasi atau opini pribadi.

Apa Itu Manfaat Blog

Perlu diketahui bahwa blogging adalah kegiatan mengelola web blog, dari mulai membuat konten tulisan, maupun menambahkan elemen yang lain serta memperbaruinya secara berkala. 

Tahukah kamu bahwa kegiatan blogging adalah salah satu aktivitas penting yang berkaitan dengan teknik optimasi SEO website yang bertujuan untuk meningkatkan trafik. 

Baca juga: Mengenal Cara Kerja SEO dan Apa Itu Search Engine

Tak hanya itu, nyatanya blog bukan cuma bertujuan untuk bisnis saja tetapi lebih dari itu, berikut ini beberapa manfaat blog yang perlu diketahui.

1. Ruang berbagi informasi

Terkadang tak perlu banyak alasan untuk mulai menulis apa yang disukai. Dan blogging adalah salah satu cara untuk mulai berbagi dalam media blog, mulai dari sekedar opini pribadi, tips dan trik hingga berita terkini.

2. Menghasilkan cuan

Blog yang dikelola secara profesional dan terorganisir mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Misalnya dengan menulis review, ikut program afiliasi marketing, memasarkan produk digital milik pribadi dan sebagainya.

3. Personal branding

Blog bisa jadi sarana untuk membangun profil individu atau bisnis sehingga tercipta image yang positif, kredibel dan berkualitas.

Apalagi jika branding yang dibuat dan dimuat dalam sebuah blog dengan kredibilitas tinggi.

4. Sarana optimasi SEO website

Konten yang dihasilkan oleh blog akan digunakan untuk membantu meningkatkan trafik ke website, baik secara natural, maupun berbayar.

Termasuk membawanya di posisi teratas halaman hasil pencarian. Takheran, ketika ingin mengoptimasi SEO website hal pertama yang harus dimiliki adalah konten blog.

Karena optimasi yang dilakukan tak akan ada gunanya tanpa media, disitulah peran dan manfaat blog.

5. Meningkatkan prospek dan konversi penjualan

Peningkatan jumlah pengunjung ke website bisa jadi peluang besar menghasilkan potensi penjualan.

Konten blog yang relevan akan membantu pengguna internet mencari produk atau layanan yang dibutuhkan, disitulah peran blog dalam membantu meningkatkan peluang konversi.

6. Membangun komunitas

Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama, bisa jadi sesuatu hal yang menyenangkan.

Dari mulai membagikan resep masakan, tips merawat tanaman dan sebagainya.

Ini bisa menyatukan berbagai macam ide atau saling berbagi tips sesuatu yang baru dan bermanfaat untuk semua orang.

Blog dan Website, Apa Bedanya?

Banyak yang menganggap website dan blog adalah sesuatu yang sama, apalagi banyak perusahaan atau bisnis yang menggunakannya bersamaan.

Tak mengherankan jika hal ini terasa cukup membingungkan. Antara website dan blog, keduanya memiliki pengalaman yang cukup mendasar.

Dimulai dari frekuensi update postingan, dinamika postingan, hingga keterangan di dalam postingannya. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu SEO, Langkah Jitu Optimasi Website

Konten di dalam blog hampir selalu diupdate dan dikelola secara berkala, dengan menyematkan nama penulis, tanggal terbit, kategori, dan juga meta tag yang dibuat dengan detail.

Selain itu, desain tampilannya juga lebih ringan dan simpel namun tetap menarik agar dapat menggaet audiens, serta memaksimalkan potensinya.

Sementara website hampir tidak akan menampilkan itu semua. Ini karena website merupakan sebuah situs web dengan tampilan yang cenderung ‘statis’. Jadi update yang dilakukan tidak sesering atau seintens blog.

Nah, itu tadi ulasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan blog, manfaat blog dan jenis-jenisnya termasuk pengertian blog.

Melalui blog, kamu bukan hanya bisa membagikan opini atau pendapat pribadi saja, tetapi juga mempengaruhi orang lain untuk membeli atau menggunakan layanan tertentu.

Jadi bukan sekedar asal menulis tapi punya tujuan, salah satunya tentu menghasilkan cuan. Semoga bermanfaat.

CategoriesSEO