SEMRush SEO Tools, Pilih Plan Terbaik untuk Optimasi Website

belajar SEO

Ingin agar website bisa berjalan optimal dan bisa berada di halaman pertama mesin pencari? SEMRush adalah salah satu SEO tools terbaik yang bisa membantumu.

ProRankTracker

ProRankTracker memudahkanmu sebagai SEO Expert, SEO agensi, maupun SEO Specialist untuk memonitor perkembangan situs kamu maupun klien.

SEMRush SEO tools ini dikenal karena memiliki banyak fitur unggulan yang bakal memudahkan strategi SEO hingga online marketing dengan satu platform saja.

Bahkan, SEO tools terbaik yang satu ini diklaim ramah untuk pemula, lho.

Lantas, apa itu SEMRush? Apa saja fitur-fiturnya dan bagaimana caranya bekerja untuk optimasi strategi SEO? Yuk, simak review SEMRush selengkapnya berikut ini.

Mengenal Apa Itu SEMRush

Dilansir dari situs resminya, SEMRush adalah SEO tools untuk semua kegiatan online marketing. 

Dari mulai SEO, riset keyword, content marketing, social media marketing dan berbagai kegiatan berkaitan dengan digital marketing bisa dilakukan hanya dengan satu platform saja.  

Dilengkapi database dengan jutaan domain dan ratusan juta keyword dan beragam fitur SEO yang menarik, tak heran jika SEO tools yang satu ini sangat recommended.

Jika kamu ingin menemukan kata kunci yang benar-benar tepat untuk konten blog atau optimasi bisnis, maka SEMRush adalah SEO tools yang tepat.

Tak sampai disitu saja, kamu bisa melakukan banyak strategi SEO yang lainnya, sebut saja seperti:

  • Menganalisis performa website milikmu dan juga kompetitor di mesin pencari.
  • Menghitung PPC alias pay per click.
  • Analisis campaign di media sosial.
  • Analisis profil backlink.
  • Hingga menjalankan audit technical SEO yang ada di website dan banyak lagi.

SEMRush SEO tools ini juga mengklaim bahwa platform miliknya telah dipercaya oleh sejumlah brand raksasa dunia sebagai alat SEO marketing-nya. 

Sebut saja ada, Tesla, Samsung, IBM, P&G Walmart, dan banyak lagi.

Kelebihan yang ditawarkan SEMRush 

Sebagai salah satu SEO tools terbaik yang paling direkomendasikan, SEMRush adalah alat yang menawarkan banyak fitur untuk mendukung optimasi SEO dan digital marketing.

Dari mulai keyword research, analitik, audit konten, rank tracking dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan,  berikut ulasannya.

Optimasi SEO SEMRush

Di bagian ini, SEMRush SEO tools ini punya beberapa fitur yang akan membantu kamu mengoptimasi strategi SEO yang dijalankan, diantaranya.

1.  Keyword research tool

Jika kamu ingin menemukan kata kunci terbaik dan paling relevan untuk meningkatkan strategi digital marketing yang dijalankan, SEMRush adalah pilihan yang cerdas.

Dengan SEMRush SEO tools ini, kamu bisa melakukan banyak tugas dengan bantuan banyak alat dari satu platform saja, yakni:

  • Keyword overview, memungkinkan untuk mengetahui nilai organik maupun iklan dari keyword tertentu berdasarkan volume pencarian, maksud pencarian, tingkat difficulty, tingkat persaingan, variasinya dan banyak lagi.
  • Organic traffic insight, membantu melakukan cross-reference data untuk memantau performa pencarian organik website milikmu.
  • Organic research, membantu menentukan keyword yang digunakan kompetitor dan paling menguntungkan dengan melakukan analisis daftar kata kunci organik dan halamannya.
  • Keyword gap, memantau perbedaan penggunaan dan penempatan kata kunci antara website milikmu dengan lima website sekaligus.
  • Keyword manager, buat daftar kata kunci dengan analisis metrik hingga lebih dari 1000 kata kunci secara langsung agar sesuai dengan strategi SEO.
  • Keyword magic tool, riset database dengan jutaan keyword jadi lebih mudah, membantu men-generate ribuan variasi dari satu kata kunci “dasar”.

2. Technical SEO tools

Periksa performa website, termasuk crawlability atau kemampuannya untuk dirayapi mesin pencari dan masalah teknis lainnya dengan SEMRush SEO tools, antara lain.

  • Site audit, memeriksa masalah terkait crawlability situs hanya dalam hitungan detik dan menemukan solusi terbaik. 
  • On page SEO checker, memberikan ide peningkatan performa situs yang mendukung peningkatan ranking website dengan tips-tips seputar penulisan konten, link building, SERP targeting, dan banyak lagi.
  • Log file analyzer, optimalkan navigasi dan temukan banyak ide pengelolaan struktur website jadi lebih menarik, termasuk analisis access log dan memantau bagaimana Googlebot bekerja di website-mu.

3. SERP Tracking Tools 

Pantau performa website di halaman hasil pencarian atau SERP untuk meningkatkan peluang visibilitas online dengan bantuan SEO tools dari SEMRush.

  • Position tracking, melacak performa situs dan melakukan analisis kata kunci tertarget, content cannibalization hingga langkah yang diambil kompetitor untuk membantu optimasi website.
  • Sensor, membantu menganalisis perubahan peringkat di SERP yang terjadi setiap hari dan memberikan informasi terupdate terkait algoritma Google.
  • Ranks, lakukan riset domaindomain dengan visibilitas organik di berbagai market global dengan mudah, termasuk kata kunci hingga perkiraan budget untuk trafik berbayar.

Membangun backlink building bisa jadi bagian tersulit dari optimasi SEO off page  yang coba dilakukan. 

Dengan SEMRush SEO tools, membangun backlink berkualitas dan meningkatkan otoritas halaman web menjadi hal yang sangat mudah. 

Berikut ini beberapa dukungan fitur yang akan kamu dapatkan dari SEMRush SEO tools, antara lain.

  • Backlink analytics, pantau backlink building yang dilakukan kompetitor. Dari backlink baru, top referring domain, hingga broken backlink.
  • Backlink audit tool, memantau profil dan kualitas backlink agar terhindar dari penalti Google.
  • Backlink gap, memonitor persaingan untuk mendapatkan backlink dari profil web yang diinginkan.
  • Bulk analysis mass, lakukan analisis di banyak website sekaligus untuk mendongkrak prospek link building.

Alasan kenapa SEMRush SEO Tools layak digunakan

Semrush SEO tools terbaik ini dirancang dengan banyak fitur menarik untuk membantu website berada di posisi puncak SERP. 

Berikut ini beberapa alasan utama mengapa alat canggih satu ini layak digunakan untuk mendukung strategi konten SEO, antara lain.

1. Banyak fitur mumpuni

Dengan Semrush SEO tools, kamu bisa melakukan banyak hal, dari strategi SEO on-page, off page, technical SEO hingga audit konten, semua fiturnya memiliki performa yang mumpuni.

Kamu bisa pilih salah satu dari sekian fitur yang ditawarkan untuk digunakan dalam proyek digital marketing yang ingin dikembangkan.

2. Mudah digunakan

Dari pemula hingga expert, SEMRush sangat cocok untuk semua kalangan. Fitur-fitur yang ditawarkan memungkinkan siapa saja untuk menggunakannya tanpa kesulitan.

Tampilannya juga cukup simpel dan jelas, dengan menu dan fitur yang tertata rapi. 

Hanya dengan sedikit penyesuaian, bikin siapapun akan dengan mudah melakukan teknik optimasi websitenya atau menjalankan campaign marketingnya.

3. Loading cepat

Selain tampilannya yang sederhana dan mudah dipahami, loading tools SEO yang satu ini juga terbilang cepat.

Sehingga, pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan hasil riset keyword, kompetitor atau data apapun yang diinginkan.

Siapa sih yang mau menunggu lama? Dan SEMRush bisa memberikan hasil riset yang maksimal tanpa membuat penggunanya jenuh menunggu.

4. Bisa dicoba gratis

Buat para pemula yang baru belajar SEO dan coba-coba untuk riset keyword sederhana, bisa gunakan SEMRush

SEO tools yang satu ini memungkinkan kamu untuk melakukan riset keyword gratis hingga 10 kali dalam satu hari secara gratis. 

Namun, hasil yang diperoleh tentunya sangat terbatas. Dan jika kamu tertarik untuk mencobanya, tersedia uji coba gratis selama 14 hari.

Jadi, bisa coba-coba dulu supaya bisa lebih tahu performa SEO tools tersebut sebelum benar-benar berencana untuk membeli paket yang ditawarkan.

Paket harga yang ditawarkan

Untuk semua fitur yang ditawarkan, tentu ada harga yang sepadan bukan? 

Nah, SEO tools yang satu ini memang bisa digunakan secara gratis, namun sekali lagi ada banyak batasan tentunya. 

Harga yang ditawarkan pun bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu.

Jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal, bisa coba pilih salah satu paket yang ditawarkan, diantaranya.

1. Paket Pro mulai USD 100 per bulan

Ditawarkan dengan harga mulai dari USD 100 per bulannya, paket yang pertama dinamakan dengan paket Pro. 

Paket ini cocok untuk kamu yang baru masih pemula atau newbie di ranah bisnis digital marketing. Berikut ini fitur yang bakal kamu dapatkan dari Paket Pro, antara lain:

  • 5 proyek,
  • Riset keyword hingga 500 kata kunci,
  • Analisis kompetitor,
  • Audit situs web,
  • Alat periklanan dan sosial media dan beberapa SEO tools lainnya.

2. Paket Guru mulai USD 200 per bulan

Paket yang kedua ini ditujukan untuk bisnis dengan skala menengah. Fitur-fitur yang ditawarkan dalam paket ini bisa dibilang tambahan dari paket Guru, jadi lebih lengkap.

  • 15 proyek,
  • Riset keyword hingga 1500 kata kunci,
  • 30 ribu hasil per laporan.
  • Semua fitur di paket Pro dengan tambahan fitur advance seperti data historis, Content Marketing Toolkit,  integrasi GDS, multi-location dan device tracking, dan banyak lagi.

3. Paket Business mulai dari USD 400 per bulan

Paket ini cocok untuk kamu dengan jangkauan bisnis lebih luas dengan klien menengah keatas atau korporasi.

  • 40 proyek,
  • Riset keyword hingga 5000 kata kunci organik,
  • 50 ribu hasil setiap laporannya,
  • Semua fitur yang ada di paket Guru ditambah lagi dengan fitur-fitur baru seperti  analitik PLA, akses API, batas yang diperpanjang, migrasi gratis dari pihak ketiga, dan banyak lagi.

4. Paket Custom

Dari namanya, sudah bisa ditebak. Kamu bisa menentukan sendiri fitur-fitur yang ingin dimasukkan atau tidak ke dalam paket langganan.

Jadi bisa lebih menyesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan. Sehingga, semua tools yang tersedia bisa digunakan secara maksimal.

Yuk Optimasi Website dengan Pilihan Tools yang Tepat

SEMRush adalah SEO tools terbaik yang recommended buat semua penggiat digital marketing, dari pemula hingga expert.

Temukan ide konten menarik, lacak konten dan keyword kompetitor hingga performa website hanya dengan satu platform, SEMRush.

Tentukan budgetmu dan pilih plan sesuai kebutuhan proyek online marketing yang sedang dijalankan. Kamu juga bisa coba free tools-nya atau mulai uji-coba untuk 14 hari pertama.

Menarik, bukan?

CategoriesSEO