Cara Membuat Blog dengan Platform WordPress, Pemula Wajib Tahu

Cara membuat blog, cara membuat blog pribadi, cara buat blog pribadi, cara bikin blog,

Cara membuat blog pribadi sebetulnya bukan hal yang sulit dilakukan, meskipun kamu belum paham soal coding sama sekali. Jika ingin agar cara buat blog pribadi jadi lebih mudah, anti ribet dan bisa hasilkan cuan, maka pilih platform yang tepat.

SEMRush

SEMRush adalah SEO tools terbaik bagi semua penggiat digital marketing, dari pemula hingga expert.

Bisa dibilang WordPress merupakan salah satu platform blogging paling populer di seluruh dunia. Selain mudah digunakan, fitur-fiturnya pun juga sangat lengkap, kamu pun juga bisa memilih yang gratis atau berbayar.

Penasaran bagaimana cara bikin blog di platform WordPress, harus mulai dari mana dan apa saja yang perlu diperhatikan? Yuk, simak cara membuat blog selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Blog 

Sebelum ingin tahu bagaimana cara membuat blog, ada baiknya pahami dulu apa itu blog dan jenis yang ingin kamu buat? Pasalnya ada banyak jenis blog dengan fungsi dan manfaatnya masing-masing, berikut beberapa diantaranya:

  • Blog pribadi, untuk jurnal pribadi berisi opini dan pandangan maupun pengalaman pribadi
  • Blog niche, fokus dengan topik yang dikuasai dan ingin diangkat.
  • Blog berita, berisi berita faktual tanpa opini pribadi.
  • Blog multimedia, berisi konten tulisan dan juga video.
  • Blog bisnis, sebagai pendukung kegiatan marketing dan branding bisnis baik individu maupun korporasi.
  • Blog afiliasi, sarana mempromosikan dan mengenalkan produk atau layanan dari pihak ketiga. 
  • Reverse blog, sarana untuk banyak penulis membagikan pemikiran dan opininya dalam satu wadah.

Jika ingin menjadikan blog sebagai jurnal pribadi, maka kamu bisa memilih blog pribadi. Setelah menentukan pilihan jenis blog yang ingin dibuat, selanjutnya kamu bisa mulai membuat blog yang sesuai. Nah, berikut ini beberapa cara bikin blog yang bisa kamu coba.

1. Memilih Niche Blog

Cara membuat blog pribadi yang pertama dan paling krusial adalah memilih niche atau topik maupun tema khusus untuk blog yang akan dibuat.  Dengan fokus di satu tema atau topik saja, ini akan lebih memudahkan dalam menarik trafik hingga monetisasinya.

Pastikan untuk memilih niche blog dengan tema atau topik yang memang dikuasai dengan baik, sehingga ide-ide kontennya juga akan lebih mudah didapatkan. Disamping menguasai tema, pastikan juga niche yang dipilih termasuk topik populer agar lebih mudah mendapatkan perhatian. 

Selain itu, cek juga bagaimana peluang niche blog tersebut dalam menghasilkan keuntungan secara materi. Misalnya dengan memasang iklan Google Adsense, endorsement atau review produk, penjualan produk digital dan lain sebagainya.

Kamu bisa menggunakan tools seperti Google Trends untuk menemukan topik populer atau yang banyak digemari di internet.

2. Tentukan Hosting dengan Tepat

Selanjutnya, cara buat blog pribadi yang tak boleh dianggap sepele adalah tepat menentukan jenis hosting. Perlu diketahui bahwa hosting merupakan wadah yang menyimpan data file blog yang nantinya dapat diakses kembali melalui sambungan internet.

Ketika membuat blog pribadi berbasis WordPress, maka perlu dukungan layanan hosting yang mumpuni. Alasannya, supaya blog yang dibuat memiliki performa yang baik, terutama agar bisa memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. 

Untuk itu, pastikan untuk memilih layanan hosting terpercaya dan dapat diandalkan. Setidaknya ada tiga kategori hosting yang bisa digunakan untuk membantu cara buat blog pribadi makin kece.

  • Shared hosting, hosting jenis ini terbilang paling mudah penggunaannya dengan harga paling terjangkau;
  • VPS hosting, hosting jenis ini dilengkapi server dengan kapasitas yang besar, dalam pengoperasiannya memerlukan keterampilan teknis.
  • Cloud hosting, hosting jenis ini dilengkapi fasilitas VPS serta shared hosting;

Dari ketiga jenis hosting tersebut, shared hosting akan lebih memudahkan cara membuat blog pribadi terutama bagi para pemula. Selain karena pengelolaannya yang cenderung lebih mudah, blogger pemula biasanya juga belum membutuhkan server dengan kapasitas yang besar.

3. Memilih Nama Domain

Setelah menentukan hosting, langkah selanjutnya adalah dengan memilih nama domain untuk blog. Nantinya, nama ini akan bertindak sebagai alamat blog untuk memudahkan pengguna internet menemukannya. 

Ada baiknya untuk memilih platform yang tepat agar bisa membuat nama domain seperti yang diinginkan. Tapi satu hal yang perlu digaris bawahi, saat membuat nama domain pastikan untuk membuatnya dengan ejaan yang jelas, singkat, padat, tanpa angka dan tanda penghubung.

Baca juga: Pengertian Domain, Fungsi dan Jenis-jenisnya

4. Mulai Menginstal WordPress

Setelah memilih hosting dan nama domain, saatnya untuk melangkah ke cara membuat blog pribadi selanjutnya yakni dengan menginstall WordPress. 

Sebetulnya ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk menginstall WordPress, apakah dengan FTP dari localhost, file manager, atau melalui softaculous yang ada di cPanel secara langsung. 

Perlu diketahui hampir sebagian besar hosting sudah dilengkapi dengan 1-click install pada CMS atau script tertentu. Begitu juga dengan WordPress dan memang sudah terintegrasi dengan softaculous.

Nah, berikut ini cara buat blog pribadi dengan menginstall WordPress di cPanel secara langsung.

  1. Login atau masuk ke cPanel, baik melalui dashboard yang ada di hosting yang digunakan atau dengan mengakses URL domainkamu.com/panel.
  2. Temukan fitur 1-Click Install, Softaculous, install apps, atau CMS dan sejenisnya. Umumnya ada di layar bagian bawah.
  3. Selanjutnya, temukan dan klik opsi WordPress.
  4. Kemudian akan muncul halaman baru yang berisi informasi yang berkaitan dengan CMS WordPress. Untuk mengisnstall WordPress, klik tombol Install Now dan tunggu proses instalasi berlangsung.

Tahap instalasi WordPress belum selesai, kamu harus melengkapi data dan informasi yang dibutuhkan, berikut langkah selengkapnya.

1. PENGATURAN SOFTWARE SETUP

  • Choose Protocol, di bagian ini terdapat opsi https:// & https://www dan http:// & http://www. Untuk website yang dilengkapi dengan SSL, maka bisa memilih https://www, https:// atau tidak menggunakan tambahan www. di bagian depan nama domain.
  • Choose Domain, jika memesan banyak domain sekaligus saat membeli hosting, maka bisa pilih salah satunya untuk diinstall WordPress.
  • In Directory, jika opsi ini diisi maka instalasi WordPress akan di masukkan dalam direktori sesuai nama yang diinput. Nantinya, blog tersebut tidak akan dapat diakses dari domain utama, tetapi harus dengan URL lengkap beserta nama sub-directory kecuali memang ingin buat blog tambahan. Jika tidak, maka sebaiknya dikosongkan saja.

2. SITE SETTINGS

Di bagian Site Name, masukan dengan nama blog yang sudah disiapkan. Sementara untuk Site Description, ini semacam motto atau tagline yang boleh dikosongkan dan diedit nanti. Lalu di opsi Enable Multisite atau WordPress Multisite, sebaiknya kosongkan saja jika memang hanya satu blog saja yang ingin dibuat.

3. ADMIN ACCOUNT

Ini merupakan bagian informasi berkaitan dengan login ke blog wordpress sebagai administrator atau admin utamanya. Ada beberapa bagian yang perlu diisi, 

  • Admin Username, sebaiknya pikirkan baik-baik username yang akan digunakan untuk login ke blog WordPress,karena bagian ini hampir tidak dapat diubah atau diganti.
  • Admin Password, masukan password yang unik dan kuat supaya keamanan blog terjaga dan tak mudah diretas.
  • Admin Email, isikan email utama dan jika memungkinkan gunakan email yang telah terdaftar di Gravatar.

4. CHOOSE LANGUAGE

Selanjutnya, pilih bahasa yang akan digunakan untuk bahasa utama di blog. Terdapat beberapa Bahasa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya bahasa Indonesia untuk memudahkan pengoperasiannya.M

5. MEMILIH PLUGINS

Cara membuat blog selanjutnya dengan menentukan pilihan plugin WordPress yang akan diinstall di blog bersamaan dengan WordPress. Jika kamu kurang paham, bagian Advanced Options bisa dilewati saja.

6. MEMILIH TEMA

Sama halnya dengan select plugins, kamu dapat memilih WordPress theme yang akan diinstall bersamaan dengan WordPress. Sebelum klik tombol Install, pastikan untuk memasukan email utama di kolom form Email installation details to. 

Supaya kamu bisa mendapatkan backup informasi yang nantinya akan dikirimkan ke alaman email yang diberikan. Setelah itu, tunggulah sebentar hingga proses instalasi WordPress selesai, umumnya tidak terlalu lama.

5. Cara Membuat Blog dan Konfigurasinya

Ketika proses instalasi telah selesai, artinya cara buat blog pribadi dengan domain yang dipilih sudah berhasil.

Akan tetapi, cara bikin blog ini belum sepenuhnya selesai. Kamu perlu melakukan langkah-langkah konfigurasi dasar lebih dulu, berikut diantaranya.

  • Login ke blog WordPress, masukkan username dan juga password sebelumnya sudah dibuat dan klik enter.
  • Bersihkan post, page dan komentar bawaan yang ada di blog WordPress  maupun mengganti tag dan kategorinya.
  • Hapus Theme dan Plugin yang tak terpakai, agar server lebih ringan dan disk lega.
  • Setup Permalink, masuk ke menu Settings > Permalinks pilih Post Name.
  • Terus kembangkan blog dan mulai publish konten artikel pertama kamu.

Demikian tadi informasi menarik tentang bagaimana cara membuat blog pribadi dengan WordPress. Mudah dan tidak sulit, bukan? 

Selanjutnya jangan lupa untuk mengembangkan blog dan memanfaatkannya sebagai sumber penghasil cuan. Misalnya saja dengan bergabung dengan program  Google Adsense, afiliasi marketing maupun dengan memasarkan produk buatan sendiri. Semoga bermanfaat.