Faktor Ranking Google memiliki daftar yang sangat panjang sekali untuk dikulik lebih dalam. Bahkan disebutkan ada 200-an lebih faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google.
Udemy
Udemy menyediakan pilihan kursus SEO paling lengkap di semua bidang, dari SEO On-Page, Off-Page, Technical, Mobile SEO, dan masih banyak lagi.
Jangan heran jika persaingan untuk mendapatkan posisi di Google SERP begitu ketat.
Untung saja, tidak semua faktor tersebut berpengaruh pada Google Ranking sama besarnya. Karena ada sebagian yang hanyalah sekedar mitos belaka.
Penasaran dengan apa saja faktor yang mempengaruhi penilaian Google? Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya.
Faktor Ranking Google Paling Berpengaruh
Google hampir selalu memperbarui dan menyempurnakan algoritmanya. Sehingga faktor Ranking Google sangat mungkin akan mengalami perubahan sewaktu-waktu.
Berikut ini setidaknya ada sebelas faktor yang mempengaruhi penilaian Google terhadap website secara mendasar, diantaranya.
1. Konten yang berkualitas
Founder Microsoft, Bill Gates, pernah membuat pernyataan soal konten bahwa“Content is King.” Hingga saat ini pernyataan beliau tersebut masih sangat berlaku.
Bagi Google, konten bagaikan “Raja” yang mesti diprioritaskan di tempat pertama.
Inilah alasannya, mengapa konten berkualitas tinggi bisa dengan mudah mendapatkan posisi yang juga tinggi di Google SERP.
Baca juga: 10 Cara Cerdas Membuat Artikel SEO Friendly yang Human Readable
Dengan kata lain, konten berkualitas adalah faktor ranking Google paling utama.
Sebab meskipun hampir semua faktor di dalam website terpenuhi tapi isi kontennya tidak layak, maka peringkat pertama di mesin pencari akan sulit didapatkan.
Hal ini sesuai dengan tujuan utama Google yang ingin memberikan informasi bermanfaat yang mudah diakses semua orang.
Jadi pastikan konten yang kamu buat memang bisa memberikan manfaat, ya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat konten berkualitas, antara lain.
- Pembahasan konten lebih dalam, bukan hanya mengejar jumlah kata tapi isi dari konten yang disajikan lengkap dan mendalam.
- Selalu update, konten selalu diperbarui mengikuti perkembangan tren atau peristiwa terkini.
- Akurasi konten, materi yang dibahas memang berdasarkan sumber yang kredibel, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
- Struktur jelas, konten dengan struktur yang baik dan jelas akan lebih mudah dibaca dan dipahami isinya.
2. Kualitas Backlink
Ketika halaman web lain menautkan link menuju ke website kamu, link inilah yang dimaksud dengan backlink.
Menurut Ahrefs, backlink menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penilaian Google paling utama.
Alasannya karena backlink punya peran penting dalam membentuk PageRank yang jadi landasan utama algoritma peringkat di Google.
Dengan kata lain, semakin banyak jumlah backlink yang diperoleh, website akan mendapatkan otoritas yang semakin besar sekaligus kepercayaan dari audiens.
Hanya saja, meski backlink adalah salah satu faktor ranking Google, kamu tetap tak boleh menggunakannya sembarangan.
Karena kualitas backlink ternyata juga berpengaruh terhadap performa website.
Untuk itu, pastikan tidak asal menerima backlink dari sumber yang belum diketahui.
Backlink yang kamu terima haruslah berasal dari website yang kredibel dan relevan dengan trafik yang cenderung stabil.
Tak masalah jika jumlah backlink sedikit tapi sumbernya dari website yang kredibel dan bukan link asal.
Baca juga: Alt Text Adalah Trik Jitu Optimasi Image SEO, Begini Optimasinya
3. Maksud pencarian (search intent)
Faktor yang mempengaruhi penilaian Google selanjutnya adalah search intent atau maksud pencarian.
Ketika pengguna mencari informasi tentang “tips berkebun hidroponik” berarti mereka sedang mencari cara atau panduan untuk berkebun hidroponik bukan yang lain.
Atau informasi lainnya seperti, “rekomendasi Laptop gaming 4 jutaan”. Artinya pengguna baru mencari rekomendasi pilihan jenis laptop untuk gaming dengan harga 4 jutaan dan belum akan melakukan pembelian.
Jika kamu bisa memahami maksud pencarian pengguna dengan sangat baik, maka konten yang dibuat pasti bisa memberikan solusi yang tepat.
Dengan begitu ini akan jadi faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google SERP.
Salah satu langkah mudah untuk mengetahui maksud pencarian adalah dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu.
Kamu bisa menggunakan SEO tools agar lebih mudah, bisa dengan Google Keyword Planner atau tools berbayar lainnya.
4. Tingkat kecepatan loading website
Loading website yang terlalu lama juga jadi faktor yang mempengaruhi penilaian Google terhadap performa website.
Mengapa? Siapa sih yang mau buang-buang waktu menunggu loading website yang terlalu lama?
Kebanyakan pasti akan kabur sebelum detik kelima, meski belum sempat melakukan aktivitas apapun.
Google sangat paham akan kebutuhan dan keinginan penggunanya yang ingin akses yang cepat.
Sehingga, lebih memprioritaskan website yang memiliki kecepatan loading maksimal untuk ditampilkan di SERP.
Untuk itulah, pastikan untuk segera memperbaiki teknis website untuk meningkatkan kecepatan loadingnya menjadi lebih optimal.
5. Tampilan yang mobile friendly
Di era sekarang, smartphone sudah jadi aspek yang sulit dipisahkan dari segala aktivitas manusia. Bahkan menurut riset, pengguna smartphone menyumbang trafik website hingga 52.2%, lho.
Hal ini kemudian ditanggapi oleh Google dengan merilis algoritma baru, yaitu Google Mobile First Index.
Algoritma ini akan menilai faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google dari tampilan halaman web tersebut.
Dimana, website dengan performa baik di perangkat mobile akan lebih diprioritaskan, meski tampilannya di komputer cukup memuaskan.
Ini artinya, website yang tampilannya berantakan dan susah diakses ketika dibuka melalui smartphone akan kesulitan berada di peringkat teratas SERP.
Oleh sebab itu, kembangkan website menjadi lebih ramah untuk pengguna smartphone sehingga bisa menarik pengunjung lebih besar.
Baca juga: Apa Itu Bounce Rate? Begini Cara Mudah Menurunkannya
6. Optimasi Keyword
Ketika mencari suatu informasi di Google, pengguna akan menggunakan keyword tertentu.
Karenanya lumrah jika keyword atau kata kunci jadi faktor yang mempengaruhi penilaian Google.
Itulah mengapa, kamu harus memastikan jika keyword untuk konten yang di publish sudah dioptimasi.
Teknik optimasi ini juga dikenal dengan sebutan on page SEO.
Di mana fokusnya bukan hanya melengkapi konten dengan keyword yang relevan saja, tetapi juga di dalam meta tag dan banyak lagi yang lainnya.
7. Struktur Website
Bukan hanya struktur konten saja yang perlu diperhatikan, karena struktur website pun ternyata juga termasuk faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google.
Ini karena website yang terstruktur dengan rapi akan memudahkan bot Google dalam melakukan indexing website.
Sederhananya, bot Googlebot merupakan web crawler yang bertugas memasukkan data website ke database milik Google.
Dengan begitu, ketika pengguna mencari keyword tertentu maka website akan muncul di halaman mesin pencarian.
Sehingga website kamu memiliki struktur yang baik agar Googlebot bisa melakukan tugasnya dengan mudah.
Proses ini dikenal dengan indexing dan jadi salah satu faktor ranking Google yang cukup penting bagi website.
Faktor yang mempengaruhi penilaian Google terhadap performa website juga dilihat dari nilai Domain Authority-nya.
Semakin tinggi nilai yang diperoleh sebuah website (0 – 100), Google akan semakin percaya jika kamu memang ahlinya di bidang atau topik tersebut, karena mampu menyajikan konten berkualitas.
Alhasil, website dengan DA yang tinggi akan berpeluang berada di posisi teratas di halaman hasil pencarian.
Nilai domain authority yang tinggi bisa diperoleh dengan melakukan beberapa hal seperti optimasi SEO on page dan off page, technical SEO dan lain sebagainya.
Agar bisa mengetahui nilai Domain authority dari website, gunakan SEO tools seperti Moz atau Ahrefs.
9. Pengalaman pengguna
Pengalaman pengguna atau user experience merupakan pengalaman ketika pengguna menjelajahi website dan menelusuri konten di dalamnya.
Apakah mereka merasa kesulitan ketika mencari informasi yang diinginkan atau justru interaksinya berjalan dengan lancar?
Dimana, hal ini juga jadi salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google.
Ketika UX yang dimiliki sebuah website dikatakan buruk, ini artinya website tidak akan mendapatkan prioritas di posisi teratas hasil pencarian Google.
Lantas, bagaimana Google mengetahui website memiliki UX yang buruk atau bagus?
Ini karena peran AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan milik Google yang disebut RankBrain dalam menilai UX dari sebuah website,
Ada tiga faktor yang dinilai oleh RankBrain, diantaranya.
- CTR (click-through-rate), rasio klik tayang sebuah website di Google SERP. Semakin tinggi nilainya, semakin relevan bagi pengguna.
- Bounce Rate, rasio klik dan langsung pergi dari website sebelum sempat melakukan aktivitas apapun. Semakin rendah nilainya, semakin bagus dan relevan isi kontennya.
- Dwell Time, lama durasi yang dihabiskan pengguna selama berselancar di website setelah mengkliknya dari SERP. Semakin tinggi nilainya, maka semakin baik.
10. Keamanan Website
Dari hari ke hari cybercrime semakin merajalela. Bahkan, setiap menitnya ada lebih dari puluhan ribu serangan dari hacker di platform WordPress, lho.
Sejak 2014 yang lalu Google telah menempatkan keamanan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat website.
Jadi, jangan heran jika Google tak akan menampilkan website dengan tingkat keamanan rendah di peringkat teratas.
Karena ini sama halnya dengan menyuruh pengguna untuk membuka peluang kejahatan menyerangnya.
11. Detail Informasi Bisnis Konsisten dan Jelas
Faktor Ranking Google terakhir ini hanya berlaku untuk kamu yang menjalankan bisnis online.
Dimana Google akan meranking brand atau bisnis yang dianggap paling relevan, kredibel, dan terpercaya, di halaman hasil pencariannya.
Dengan kata lain, semakin konsisten dan jelas informasi dari bisnis kamu di internet, maka Google akan semakin memprioritaskannya.
Faktor yang mempengaruhi penilaian Google ini juga dikenal dengan sebutan Local SEO. Untuk mengoptimasinya, setidaknya perhatikan tiga hal berikut ini:
- Detail bisnis, seperti nama bisnis, nomor telepon, dan alamat lengkap,
- Lengkapi profil bisnis, daftarkan bisnis dan isi profil di platform Google Bisnisku dengan lengkap,
- Ulasan konsumen, dapatkan ulasan dari konsumen terkait bisnis di Google maupun website review yang lainnya.
Jalankan Strategi SEO Sesuai Faktor Ranking Google
Sudah tahu apa saja yang jadi faktor ranking Google, bukan?
Mungkin banyak yang akan bertanya-tanya, untuk siapa sih strategi SEO diterapkan, Google atau pengguna?
Jawabannya, tentu untuk kedua-duanya. Itulah mengapa, agar website berada di posisi teratas, maka Google dan juga penggunanya harus sama-sama “happy”.
Meski demikian, pengguna harus tetap jadi prioritas kamu. Alasannya? Ingat lagi misi Google diciptakan.
Meski kedengarannya sulit dilakukan, tapi jika teknik optimasi SEO yang dilakukan benar-benar tepat maka jerih payah, tenaga dan waktu yang diluangkan pasti akan terbayarkan.