Panduan SEO untuk YouTube, Pemula Wajib Tahu

SEO YouTube Tools, YouTube SEO, Apa itu SEO YouTube

Tahukah kamu, jika YouTube SEO ternyata juga punya peran yang penting dalam perkembangan channel YouTube, lho. Tak jauh berbeda dengan Google, persaingan untuk mendapatkan top rank di pencarian YouTube juga cukup tinggi. 

Udemy

Udemy menyediakan pilihan kursus SEO paling lengkap di semua bidang, dari SEO On-Page, Off-Page, Technical, Mobile SEO, dan masih banyak lagi.

Disinilah SEO YouTube berperan dalam membantu memenangkan persaingan dan mendongkrak popularitas channel YouTube. Karena ketika berada di top rank hasil pencarian, sudah pasti peluang klik video akan semakin besar.

Tentunya, bukan hanya mendatangkan views melimpah, tetapi juga subscriber baru. Jadi bukan sekedar asal upload video ke YouTube saja, kamu perlu belajar SEO YouTube lebih detail.

Penasaran bagaimana caranya dan SEO YouTube tools apa saja yang bisa digunakan? Simak dulu panduan berikut ini selengkapnya.

Mengenal Apa Itu SEO YouTube

Saat ini YouTube sudah jadi salah satu platform utama yang digunakan untuk media promosi, branding hingga menghasilkan cuan sama seperti website. Tingginya trafik dan tayangan iklan di sebuah video YouTube kemudian akan dikonversi jadi penghasil. 

Trafik di video YouTube tentu tidak bisa datang dengan sendirinya, pastinya juga perlu ada dukungan SEO. Untuk kamu yang masih bingung apa itu SEO YouTube, ini merupakan teknik optimasi untuk mendatangkan trafik di video yang diunggah ke channel YouTube.

Dengan pemilihan keyword tertarget, sebuah video yang telah diunggah bisa muncul di posisi top rank laman pencarian YouTube. Alhasil, peluang klik video dan ditonton banyak orang akan semakin besar.

YouTube sendiri merupakan salah aplikasi milik Google, jadi jangan heran jika algoritma mesin pencariannya pun juga tak jauh berbeda. Dengan kata lain, konsep optimasi SEO untuk website juga bisa diterapkan untuk video YouTube. 

Agar video bisa dengan mudah diindeks oleh Google dan mendapatkan peringkat top rank hasil pencarian, maka perlu menerapkan konsep SEO terbaik. Salah satunya dengan menambahkan informasi untuk menjelaskan konten video dengan baik. Mulai dari memilih keyword untuk judul video, tag, deskripsi dan sebagainya.

Langkah Mudah Optimasi YouTube SEO

Bukan sekedar membuat video, kamu juga perlu melakukan langkah optimasi SEO YouTube agar hasilnya lebih maksimal. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu terapkan.

1. Mulai dengan Meriset Kata Kunci (Keyword)

Langkah pertama dalam menerapkan YouTube SEO adalah dengan melakukan riset keyword atau kata kunci. Sama halnya dengan website, penggunaan keyword juga dapat mempengaruhi posisi video di halaman pencarian di YouTube.

Belum lagi, setiap kata kunci tentunya juga memiliki persaingan. Channel dengan pengikut dan views yang tinggi otomatis akan berada di posisi teratas. 

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa memaksimalkan konten dengan memilih keyword yang sesuai dengan niche. Selain itu, kamu juga bisa menganalisa keyword sesuai tren saat ini. Untuk memilih keyword dengan tepat, kamu bisa menggunakan SEO YouTube Tools, salah satunya Google Keyword Planner.

Tools SEO YouTube yang satu ini akan memberikan informasi yang cukup lengkap terkait kata kunci tertentu, frasa turunannya hingga seberapa tinggi persaingannya. Termasuk seberapa sering kata kunci tersebut dicari oleh pengguna YouTube.

2. Tingkatkan Kualitas Video  

Sama halnya dengan Google, YouTube juga memiliki algoritma yang cukup rumit dan seringkali berubah-ubah. Pemilihan kata kunci saja tidak cukup untuk menempatkan video kamu berada di posisi top rank di YouTube.

Perlu dipahami bahwa, video yang berada di top rank pencarian YouTube merupakan video yang dianggap paling relevan dengan kebutuhan pengguna. Untuk itulah, kamu perlu membuat konten video yang bisa memenuhi standar tersebut, berikut beberapa kriterianya.

  • Memiliki resolusi dan kualitas editing yang berkualitas, video yang gambarnya buram, pecah dengan editing yang asal tentunya akan sangat sulit berada di posisi teratas halaman pencarian.
  • Orisinalitas konten, YouTube sangat concern dengan plagiarisme. Jadi penting untuk membuat konten yang benar-benar original jika ingin tetap berkarya di platform ini.
  • Perhatikan durasi tayangan, jangan terlalu singkat dan sebaliknya. Sebab sangat menentukan apakah video tersebut bisa dengan mudah diindeks oleh YouTube. 
  • Thumbnail yang unik, akan menarik minat pengguna YouTube mengklik video dan mulai menontonnya. Pilih kata-kata yang unik atau hal lucu dari video agar penonton penasaran.
  • Perhatikan apa yang disukai penonton, jangan lupa untuk mendengarkan usulan para subscriber tentang video apa yang mereka sukai.

3. Optimasi YouTube SEO (Metadata)

Setelah menentukan kata kunci untuk video YouTube, lantas dimana posisi yang tepat untuk meletakkannya? Apakah di video tersebut, judul, deskripsi, caption atau di bagian yang mana? Berikut ini beberapa tips menempatkan kata kunci untuk mengoptimasi YouTube SEO, antara lain.

  • Judul video, pastikan untuk memasukkan kata kunci dalam judul dan relevan dengan video, baik kata kunci turunan maupun sinonimnya. 
  • Deskripsi video, sematkan juga keyword dan tempatkan di baris pertama deskripsi. Buat deskripsi sesuai isi video, atau ajakan maupun CTA (Call to Action) dan hindari kesalahan pengetikan.
  • Tag video, jangan lupa masukan keyword di dalamnya agar YouTube dan Google memahami konteks dalam video tersebut.
  • Hashtag, ini membantu pencarian jadi lebih spesifik dan mudah ditemukan.

4. Mulai Promosikan Video

Optimasi YouTube SEO belum selesai, masih ada banyak tugas yang perlu dilakukan agar bisa mendongkrak views di video yang diunggah. Salah satunya dengan melakukan promosi dengan tepat, berikut ini beberapa caranya.

  • Gunakan media sosial, Instagram dan Facebook hingga Twitter bisa jadi ajang promosi terbaik untuk mengenalkan konten video ke khalayak luas.
  • Bangun komunitas, tak ada salahnya membangun komunikasi dengan para subscriber, misalnya dengan membalas komentar atau sekadar memberikan like.
  • Iklankan video, ini bisa jadi pilihan yang tepat jika ingin menjangkau lebih banyak pengguna di YouTube. Kamu bisa menggunakan SEO YouTube Tools untuk beriklan, misalnya Google Adsense.

5. Lakukan Evaluasi

Setelah menerapkan langkah-langkah YouTube SEO pada konten video, evaluasi menjadi langkah penting yang perlu dilakukan. Kamu perlu mengevaluasi semua konten video yang sudah di-upload ke channel YouTube.

Caranya tidak sulit, karena ada tools SEO YouTube yang akan membantu kamu melakukan evaluasi, yaitu YouTube Studio. 

Masuk dan klik opsi  Analytics di bagian kiri pada layar. Selanjutnya, kamu akan disuguhi tampilan data analitik dari semua video tersebut, mulai dari waktu tonton, jangkauan, jumlah view, jumlah subscriber, hingga engagement-nya.

Dengan data tersebut, kamu bisa mengetahui hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan atau dipertahankan dalam pembuatan konten. Jadi jangan hanya membuat video berdasarkan asumsi pribadi saja, tetapi juga dengan data dari kumpulan video yang sudah lebih dulu dirilis.

Demikian tadi informasi menarik tentang apa itu SEO YouTube dan bagaimana cara mengoptimasinya. Ada banyak tools SEO YouTube yang bisa membantu langkah optimasi tersebut, misalnya Google Ads Keyword Planner, YouTube Analytic, Rank Tracker dan masih banyak lagi.

Dengan melakukan optimasi dengan tepat, bisa dipastikan popularitas konten video YouTube akan ikut terdongkrak. Jangan lupa untuk selalu update soal tren dan mendengarkan saran dan masukan dari para subscriber, ya. Selamat mencoba.

CategoriesSEO