Dengan cara membuat iklan di Facebook, ini bisa jadi langkah jitu memasarkan bisnis di era digital saat ini.
SEMRush
SEMRush adalah SEO tools terbaik bagi semua penggiat digital marketing, dari pemula hingga expert.
Sayangnya, masih banyak banyak yang belum paham cara Facebook Ads yang tepat itu bagaimana.
Oleh karenanya, cara pasang iklan di Facebook yang dilakukan masih belum maksimal menghasilkan konversi.
Data dari situs Katadata di tahun 2021 saja ada sekitar 140 an juta pengguna Facebook aktif di Indonesia.
Ini artinya, setidaknya ada setengah dari total populasi penduduk Indonesia mengakses Facebook.
Peluang luar biasa tersebut tentu harus dimaksimalkan untuk mempromosikan bisnis dan layanan.
Untuk itulah, belajar cara daftar FB Ads menjadi hal yang penting saat ini.
Buat kamu yang punya bisnis dan ingin tahu cara daftar Facebook Ads dengan mudah, yuk simak step-by-step selengkapnya disini.
Mengenal Facebook Ads
Sebelum belajar cara membuat Facebook Ads, sudah tahu apa itu Facebook Ads?
Sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia, Facebook memiliki fitur beriklan dengan jangkauan luas yang disebut Facebook Ads.
Fitur ini memungkinkan setiap pengguna Facebook untuk memasarkan produk bisnisnya ke pengguna yang lain di mana saja.
Tidak terbatas pada satu kota saja, bahkan bisa antar wilayah negara bisa bertransaksi melalui Facebook, lho.
Oleh karenanya, cara membuat iklan di Facebook sangat penting untuk dipelajari.
Selain itu ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan cara Facebook Ads. Simak terus ulasannya, sampai selesai.
Baca juga: Apa Itu CPM dalam Digital Marketing? Yuk Pahami Contoh CPM dan Cara Optimasinya
Apa saja manfaat yang diperoleh dengan cara membuat iklan di Facebook?
Selain bisa menjangkau lebih banyak lagi audiens, ternyata masih banyak manfaat yang bakal diperoleh bisnis dari cara pasang iklan di Facebook.
Mau tau apa saja? Berikut ini beberapa diantaranya:
1. Bisa atur budget
Cara Facebook Ads bekerja bisa dibilang cukup simpel. Salah satunya, memungkinkan kamu untuk mengatur sendiri budget untuk beriklan.
Keren, bukan?
Tentunya dalam bisnis budget menjadi faktor utama yang perlu dikontrol agar bisa berjalan sesuai rencana.
Nah, kamu bisa atur budget promosi di Facebook sesuai kebutuhan.
Biasanya, ada beberapa tingkatan budget yang bisa dipilih.
Semuanya bisa disesuaikan dengan jenis produk, estimasi jangkauan audiens dan lama durasi tayangan iklan tersebut.
2. Cara Facebook Ads bikin penargetan audiens lebih Efektif
Cara pasang iklan di Facebook merupakan langkah yang tepat dalam memaksimalkan paid marketing atau iklan berbayar.
Alasannya, karena Facebook ads memungkinkan untuk dibuat sesuai dengan audiens yang ditargetkan.
Dari segi usia, gender, lokasi tempat tinggal, minat dan lain sebagainya bisa dengan mudah ditentukan.
Sehingga, jangan heran jika cara membuat iklan di Facebook sangat diminati karena sangat efektif dan bisa membidik pasar sesuai target secara spesifik.
3. Bisa menjangkau target lebih luas
Dari data yang dirilis Katadata di tahun 2021, di seluruh Indonesia ada sekitar 140 juta lebih pengguna aktif.
Dengan beriklan di Facebook, setidaknya kamu bisa menjangkau seluruh pengguna tersebut. Jangan pikirkan batasan lokasi dalam mengembangkan bisnismu.
Dengan cara membuat iklan di Facebook secara digital, ini akan meningkatkan peluang bisnismu menjangkau lebih banyak orang di semua lokasi tanpa terkecuali.
4. Lebih mudah melakukan analisis Lanjutan
Di era berbisnis digital seperti saat ini, tidak salah jika menyebut data adalah segalanya.
Melalui cara Facebook Ads, kamu bisa mendapatkan banyak data-data penting untuk mendukung kemajuan bisnis.
Mulai dari data impresi, click through rate (CTR), jangkauan, tingkat konversi dan masih banyak data penting lain.
Semuanya tersedia dengan mudah dan bisa kamu analisis lebih lanjut untuk mendukung strategi digital marketing bisnis kamu.
Sehingga, kamu bisa dengan mudah mengukur tingkat keberhasilan dari cara pasang iklan di Facebook yang diterapkan.
Dengan begitu, bisa melakukan evaluasi untuk membuat penyesuaian strategi yang dianggap lebih efektif untuk cara Facebook Ads berikutnya.
5. Edukasi Brand lebih efektif
Dalam sehari, pengguna Facebook bisa memeriksa beranda mereka berulang-ulang kali untuk menemukan sesuatu yang baru dan menarik.
Hal ini bisa jadi peluang besar agar audiens tertarget bisa menerima exposure iklan milikmu berulang kali juga.
Bahkan meskipun audiens tadi sebelumnya tidak merasa tertarik sedikitpun.
Tayangan iklan yang terus muncul tersebut dapat berpotensi untuk membantu membangun brand awareness.
Jadi, jangan biarkan iklan yang kamu pasang hanya sekedar tayang saja. Tapi pastikan agar selalu tayang di waktu-waktu yang tepat dalam jangka waktu lama.
Supaya audiens bisa lebih kenal, lalu paham hingga akhirnya tertarik untuk mencoba dan membelinya.
Lantas, bagaimana cara Membuat Iklan di Facebook?
Ingin iklan milikmu bisa tayang di Facebook, tapi tak tahu caranya?
Nah, sebelum memulai cara pasang iklan di Facebook, kamu harus tahu cara daftar Facebook Ads lebih dulu.
Cara daftar FB Ads sangat simpel, jadi siapapun bisa menggunakannya untuk promosi bisnis apapun.
Berikut ini step-by-step cara membuat iklan di Facebook, antara lain:
1. Buat Facebook Page
Cara pasang iklan di Facebook harus diawali dengan cara daftar Facebook ads lebih dulu.
Untuk itu kamu perlu membuat Facebook Page atau halaman untuk bisnis yang ingin dipromosikan.
Cara daftar FB Ads yang pertama adalah dengan membuka Facebook Page.
Jika kamu belum punya akun, kamu akan diarahkan untuk memilih satu diantara dua pilihan jenis halaman, yakni:
- Komunitas atau Tokoh Masyarakat,
- Bisnis atau Merek.
Cara daftar FB Ads selanjutnya, kamu bisa memilih salah satunya yang dianggap paling sesuai dengan bisnis.
Facebook kemudian akan meminta kamu untuk membuat akun baru atau login dengan akun yang sudah ada.
Agar bisa dijalankan, maka kamu perlu melengkapi profil di Facebook page tersebut. Beberapa poin yang perlu dilengkapi seperti:
- Nama halaman, bisa diisi dengan nama dari brand bisnis milikmu,
- Kategori bisnis, isi kategori yang sesuai dengan topik atau jenis bisnis kamu,
- Deskripsi halaman, isi informasi singkat terkait profil bisnis dan apa yang dikerjakannya.
Setelah semua informasi dilengkapi, maka halaman bisnis akan otomatis terupdate. Kamu bisa langsung klik Buat Halaman.
Lanjut cara daftar Facebook Ads adalah dengan melengkapi dengan foto sampul dan foto profil agar halaman Facebook makin menarik.
Pastikan foto yang dipilih harus menonjolkan kesan profesionalisme dan mewakili bisnis kamu, baik foto layanan maupun logo yang menarik.
Cara daftar Facebook Ads belum lengkap jika halaman bisnis belum sempurna.
Bagaimana menyempurnakannya? Caranya, tambahkan informasi tambahan yang tak kalah penting dari bisnis.
Dari alamat email, nomor kontak telepon, halaman web, tombol CTA, hubungkan dengan WhatsApp dan lain sebagainya
2. Akses Business Suite dan Facebook Ads Manager
Cara pasang iklan di Facebook selanjutnya adalah dengan mengakses menu Business Suite.
Menu ini merupakan tempat untuk mengelola kegiatan promosi yang dilakukan, dari pengaturan iklan hingga aplikasi yang dihubungkan ke akun Facebook tersebut.
Setelah itu, lanjut akses opsi Facebook Ads Manager yang ada di menu Business Suite tersebut untuk mengelola iklan Facebook.
Cara membuat iklan di Facebook bisa dilakukan dengan mudah dengan mengakses dasbor Facebook Ads Manager.
Ada beberapa menu yang digunakan untuk mengelola iklan tersebut, seperti:
- Ads, menu ini menunjukkan iklan yang ditampilkan untuk target audiens bisnismu.
- Ad sets, terdiri dari begitu banyak iklan yang bertujuan untuk mencapai goal campaign. Termasuk berisi pengaturan promosi iklan, dari mulai target audiens, jadwal, budget, hingga penempatan ads.
- Campaign, goal utama yang hendak diraih melalui sejumlah ad sets, salah satunya menciptakan brand awareness.
3. Menentukan kampanye iklan
Setelah memahami apa saja menu di dasbor Facebook Ads Manager, jangan lupa juga untuk memahami apa tujuan campaign.
Ini karena campaign merupakan fokus utama dari promosi bisnis yang akan dilakukan. Apakah ingin meningkatkan brand awareness atau kesadaran, pertimbangan dan jug konversi.
Masih di dasbor Facebook Ads Manager, lanjut buka opsi Kampanye > +Buat.
Dari opsi tersebut terdapat tiga kategori pilihan dengan beberapa poin pilihan masing-masing, berikut diantaranya.
Awareness atau Kesadaran
- Kesadaran merek atau brand awareness, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran audiens terhadap merek bisnismu.
- Jangkauan atau reach, iklan akan ditampilkan ke target audiens sebanyak mungkin sesuai budget yang telah ditentukan.
Consideration atau Pertimbangan
- Kunjungan (Traffic), tujuannya agar mengirim traffic atau kunjungan menuju aplikasi atau website.
- Interaksi (engagement), tujuannya untuk memperoleh interaksi dari suatu post. Misalnya, komentar, Likes, maupun tanggapan.
- Instal aplikasi (install apps), mengajak siapapun untuk download dan instal aplikasi tertentu.
- Tayangan video (video views), berbagi video yang promosi ke target audiens.
- Menciptakan prospek (lead generation) memperoleh dan mengumpulkan prospek potensial untuk bisnis, baik berupa alamat email, nomor kontak telepon dan lain sebagainya.
- Pesan (message), menciptakan kedekatan dengan audiens tertarget melalui pesan messenger, WhatsApp maupun Instagram.
Conversion atau Konversi
- Konversi (conversion), tujuannya untuk mendapatkan konversi atau penjualan di website bisnis milikmu.
- Katalog produk jualan (catalogue sales), iklan menampilkan katalog produk yang dijual.
- Kunjungan ke toko (store Traffic), tujuannya untuk mengajak audiens berkunjung ke toko offline milikmu.
4. Lanjut buat kampanye iklan
Setelah paham apa tujuan dari kampanye iklan, Cara pasang iklan di Facebook selanjutnya adalah dengan menentukan detail kampanye yang sesuai dengan tujuan bisnismu.
Dari mulai nama kampanye, kategori iklan, detail kampanye hingga budget yang dianggarkan untuk promosi tersebut.
Berikut ini beberapa opsi yang ada di menu kampanye iklan, antara lain:
- Special ad categories, ini merupakan kategori iklan yang dikhususkan sesuai industri bisnis dan juga negara target lokasi penyebaran iklan promosi.
- Campaign details, berisi detail tambahan sehubungan dengan kampanye iklan, biasanya sudah otomatis disesuaikan dengan campaign objective yang dipilih.
- Fitur A/B test, digunakan untuk mengetes atau membandingkan jenis iklan agar tahu iklan mana yang bisa memberikan performa terbaik.
- Campaign budget optimisation, fitur otomatis pengelolaan budget kampanye promosi.
5. Atur Ad Sets
Cara pasang iklan di facebook selanjutnya setelah membuat kampanye adalah dengan mengatur Ad Sets.
Berikut ini beberapa opsi menu yang perlu diperhatikan,
1# Jadwal dan budget untuk promosi
Sebelum menentukan jumlah budget untuk iklan, pilih jadwal promosinya. Kapan tanggal dimulai dan berakhirnya iklan tersebut.
Terdapat dua pilihan promosi, Budget Harian atau Budget Sepanjang Masa Promosi yang bisa kamu pilih.
2# Pemirsa atau Audience
Lanjut, tentukan audiens tertarget yang ingin dituju berdasarkan lokasi tempat tinggal, usia, gender dan juga penargetan terperinci lainnya.
Misalnya saja demografi, minat, atau consumer behavior di media sosial tersebut.
3# Pemirsa Khusus
Kamu bisa menggunakan pemirsa khusus agar bisa menjangkau mereka yang pernah berinteraksi langsung dengan bisnis milikmu.
Misalnya, mereka yang pernah berkunjung dan berinteraksi di website bisnis milikmu.
Langkah ini juga dikenal dengan strategi remarketing.
Langkah dimana kamu menargetkan promosi kepada audiens yang memang sudah punya ketertarikan dengan bisnismu dan berpotensi meningkatkan nilai konversi lebih tinggi.
4# Keamanan merek (brand)
Fitur yang satu ini membantu menjaga iklan promosi terhindar dari sejumlah konten yang dapat mengganggu reputasi bisnis. Seperti konten sensitif yang berbau kekerasan salah satunya.
5# Optimalkan Iklan
Agar budget iklan promosi bisnis menjadi lebih bisa terkontrol dengan baik, maka gunakan opsi menu optimasi iklan.
Opsi ini akan membantu kamu bisa lebih mudah dan rinci mengalokasikan budget iklan agar lebih efektif dan tepat sasaran.
6. Mulai buat Ads
Cara membuat iklan di Facebook belum selesai, selanjutnya masih perlu melengkapi pengaturan iklan.
Masuk ke opsi Buat Ads, lalu isi detail di dalamnya, seperti:
1# Nama Iklan
Isikan nama iklan dan juga identitas dari Halaman Facebook dan juga Akun Instagram.
2# Penyiapan Iklan
Di menu Penyiapan iklan, pilih opsi Buat Iklan. Lalu pilih format iklan yang diinginkan. Apakah gambar atau video tunggal, carousel dan koleksi.
3# Materi Iklan
Tentukan video atau gambar iklan yang diinginkan. Perhatikan juga spesifikasi dari gambar atau video yang direkomendasikan oleh Facebook.
Gambar dengan teks terlalu banyak bisa memicu penurunan penayangan lebih cepat, bahkan kadang tidak bisa tampil sama sekali.
Kamu juga memeriksa terlebih dulu, jenis atau tampilan gambar yang ingin kamu gunakan dalam tahapan pemeriksaan teks gambar di Facebook.
4# Penempatan iklan
Jangan lupa tentukan destinasi atau penempatan iklan yang akan dituju, bisa berupa halaman webs maupun Facebook Event.
Selain itu, pilih juga tombol CTA atau Call-to-Action yang sesuai. Misalnya saja, “Selengkapnya, Beli Disini Sekarang,” dan sebagainya.
Cara membuat Facebook Ads, done! Saat ini iklan promosi untuk Facebook siap diterbitkan, lanjut tekan tombol Terbitkan.
7. Pembayaran Iklan
Step terakhir cara pasang iklan di Facebook yakni dengan melakukan pembayaran, yakni dengan memasukkan data-data dari kartu debit atau kredit yang dimiliki.
Selanjutnya, cukup ikuti saja langkah-langkah yang diarahkan untuk melakukan pembayaran iklan di Facebook.
Setelah pembayaran selesai dilakukan, secara otomatis iklan kamu akan segera aktif dan ditampilkan ke pengguna Facebook.
Yuk, optimasi bisnis dengan beriklan di Facebook
Belajar cara daftar FB Ads dan cara pasang iklan di Facebook tidak sulit, bukan?
Facebook Ads sendiri merupakan salah satu strategi digital marketing yang termasuk bagian dari optimasi content marketing di social media.
Yuk mulai tingkatkan brand awareness hingga konversi bisnis kamu sekarang dengan Facebook Ads, sekarang juga!